Belajar Malam Santriwati Terbimbing sebagai Pengabdian Mahasiswi UNIDA Gontor

belajar-malam-santriwati-mahasiswi-pengabdian-unida-gontor

Kandangan- (23/11). Mahasiswi Program Studi Agama-Agama (SAA) Fakultas Ushuluddin Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor tidak hanya melaksanakan tugasnya sebagai civitas akademika namun juga bertanggung jawab pada kehidupan santri Pondok Modern Darussalam Gontor. Salah satunya adalah dengan membimbing langsung kegiatan belajar malam para santri. Terkait dengan itu, Gontor Putri 5 Kandangan, yang merupakan lahan pengabdian Mahasiswi Prodi SAA UNIDA Gontor baru saja melaksanakan pengarahan pembimbingan belajar malam oleh Bapak Wakil Direktur Kulliyatul Mu’allimat al-Islamiyyah (KMI), al-Ustadz Heri Achmadi, S.Th.I  Acara ini dilaksanakan guna membuka kegiatan belajar malam di setiap masing-masing zona kelas yang terdiri dari kelas satu hingga kelas enam KMI.

Adapun zona-zona tersebut, berbeda-beda di setiap angkatan. Sebagaimana contoh, angkatan kelas satu bertempatkan di zona gedung Aligarh lantai 1, kelas dua di lantai 2, dan kelas tiga di lantai 3. Kelas empat ditempatkan di zona gedung Santiniketan, kelas tiga intensif berada di zona gedung al-Azhar, kelas lima di zona gedung Pakistan, dan Siswi Akhir KMI berada di zona gedung Makkah.

          Wakil Direktur KMI menekankah agar para Ustadzah aktif membimbing keberlangsungan belajar malam santriwati yang dimulai pada pukul 20.00 WIB dan berakhir pada pukul 21.30 WIB. “Kehadiran wali kelas dan asisten wali kelas bertujuan untuk mengawal berlangsungnya belajar malam terbimbing di Pondok Modern Gontor Putri Kampus 5.” Demikian sarjanawan Fakultas Ushuluddin ini menyampaikan.

            Proses belajar biasanya dilakukan dengan penyetoran hafalan oleh para santriwati kepada Ustadzah Wali Kelas dan Asistennya. Hafalan tersebut meliputi hafalan materi pelajaran pagi dan pelajaran sore. “Belajar malam terbimbing penting dilaksanakan agar santriwati mampu mengukur target materi yang mereka ingin kuasai.” Jelas Manzilatul Fadhilah, Mahasiswi Prodi SAA yang merupakan Wali Kelas santriwati 3 Intensif B Pondok Putri Kandangan.

Mahasiswa dan Mahasiswi Guru Gontor memang senantiasa meluangkan waktunya untuk belajar bersama santri dan santriwati. Belajar malam terbimbing ini dilaksanakan terutama setelah kuliah bersama para dosen yang terjadwal setiap hari aktif mulai setelah Dzuhur pukul 13.00 WIB dan berakhir usai shalat Ashar pukul 17.00 WIB. Pembimbingan ini juga termasuk dalam aplikasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang digaungkan UNIDA Gontor sebagai bentuk pengabdian para mahasiswa dan mahasiswi kepada Pondok Modern Darussalam Gontor (Aulana Maghfiroh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *