Dosen Prodi SAA Menjadi Presenter di ICoSTE (International Conference on Science, Technology and Environment)

tonny ICoSTE

Dosen Prodi SAA Menjadi Presenter di ICoSTE (International Conference on Science, Technology and Environment)

Yogyakarta – Dalam menyapa derasnya arus globalisasi, pemerintah berupaya meningkatkan SDM Nasional dalam bentuk revolusi industri jilid 4 (4.0).  Salah satu langkah dalam peningkatan tersebut adalah melaksanakan penelitian-penelitian diberbagai lembaga, instansi dan universitas di indonesia, terutama bertemakan topik-topik teknologi dan sains.

Pada hari kamis-Jum’at 29-30 Agustus 2019 Universitas Wijaya Kusuma Surabaya mengadakan konferensi internasional yaitu International Conference on Science, Technology and Environment (ICoSTE) yang bertemakan“Making Better World Through Science, Technology and Environment.” Konferensi Internasional ini berlokasikan Grand Inna Malioboro, Yogyakarta dan dihadiri oleh sejumlah akademisi baik  dalam maupun negeri yang mempresentasikan berbagai macam tema terkait sains dan teknologi seperti Kesehatan, Teknologi dan Sains, Pendidikan, Ekonomi, Fisika, Sosial Humaniora dan lain sebagainya.

Di awal acaranya, Rektor Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Prof. H. Sri Harmadji, dr. SP. THT-KL(K) menyampaikan ucapan selamat datang kepada keynote speaker, invited speaker, para presenter dan seluruh peserta seminar. Beliau menekankan bahwa tujuan diadakan acara ini adalah tidak lain guna meningkatkan publikasi nasional dan internasional indonesia melalui para peneliti, dosen dan akademisi. Profesor Harmadji kemudian membuka acara konferensi internasional ini secara resmi.

Lihat Juga: Presentasi Dosen SAA di 2nd International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE)

tonny ICoSTE presentasi
Ilmiah – al-Ustadz Tonny Ilham Prayogo dan al-Ustadz Rahmat Ardi Nur Rifa Da’i, S.Ag memaparkan paper mereka.

Pemaparan ICosTE selanjutnya dibawakan oleh  keynote speaker Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc ia memaparkan tentang pentingnya penelitian dan publikasi yang ini akan mendorong negara Indonesia menuju World Class Research. Keynote speech selanjutnya dilanjutkan oleh Prof. Madya Dr. Zaleha Othman dari Universiti Utara Malaysia, dan sejumlah keynote speaker dari Indonesia. Di antaranya, Eko Suwardi, M.Sc., Ph.D (UGM), Prof. Istadi ST., MT (Universitas Diponegoro), dan lain sebagainya.

Setelah selesainya acara pembukaan ICoSTE, para presenter dari berbagai universitas menyampaikan makalahnya secara paralel diruang sekitar hall tersebut. dari UNIDA Gontor sendiri, hadir al-Ustadz Tonny Ilham Prayogo dari Prodi SAA,  Muhammad Taqiyuddin, M.Ag dari Prodi AFI, dan al-Ustadz Rahmat Ardi Nur Rifa Da’i, S.Ag mahasiswa Pascasarjana Unida. Materi yang disampaikan berkutat tentang tentang tema Sosial Humaniora yang merupakan dari hasil penelitian Hibah Dikti tahun 2018-2019.

Al-Ustadz Tonny dan Rahmat Ardi menyampaikan riset yang digarap bersama Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi berjudul “Ibn Rushd on Mutakallimin’s Idea of God’s Exsistence,” sementara al-Ustadz Taqiyuddin mepresentasikan paper penelitian bersama Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi dan Dr. Jarman Arroisi berjudul “Reading al-Attas Conception on Islamic University.”

Diakhir acara, panitia mengumumkan kepada seluruh presenter agar merevisi makalahnya sesuai dengan aturan penulisan pihak jurnal dan prosiding ISNN sesuai tanggal yang telah ditentukan. (Tony Ilham Prayoga & Rahmat Ardi Nur Rifa Da’i)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *