English Workshop Mahasiswa UNIDA Pondok Modern Gontor 3

english-workshop-unida-kediri

English Workshop Mahasiswa UNIDA Pondok Modern Gontor 3

Kediri – Demi meningkatkan mutu pengajar Bahasa Inggris, Tim Karir Guru Kulliyyatu-l-Mu’allimin al-Islamiyyah (KMI) Pondok Modern Gontor Kampus 3 Darul Ma’rifat menggelar lokakarya yang bertajuk English Workshop for Teachers. Acara yang dilaksanakan pada Hari Senin, tepat pada tanggal 03 Muharram 1441 / 02 September 2019 ini dimulai pukul 18.45 WIB dan berakhir pada pukul 20.30 WIB bertempat di Aula Gedung Syiria Pondok Modern Gontor Kampus 3 Darul Ma’rifat.

Lokakarya ini dihadiri oleh seluruh guru pengajar Bahasa Inggris Pondok Modern Gontor Kampus 3 yang kesemuanya berjumlah sekitar 35 orang. Para peserta, selain merupakan guru KMI, juga merupakan mahasiswa Fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor Kampus 4 Kediri.  Adapun pemateri pada malam itu adalah mahasiswa guru yang sebelumnya telah mengikuti English ToT (Training for Trainers), sebuah lokakarya serupa yang diselenggarakan oleh Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor bekerjasama dengan British Council Indonesia.

Baca Juga: ‘Training for Trainers’ Awal Inisiasi English Workshop di UNIDA Gontor

Mengawali English Workshop ini, salah seorang pemateri membagi guru-guru yang hadir menjadi beberapa kelompok, masing-masing dengan tugas khusus yang harus diselesaikan dengan berdiskusi menggunakan Bahasa Inggris antara anggota kelompok tersebut. Antusiasme para peserta malam itu terlihat sangat baik dari keaktifan tiap individu dalam berdiskusi serta respon yang cepat dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta mahasiswa guru mampu melaksanakan proses pembelajaran bahasa inggris di KMI dengan lebih mumpuni dan berkualitas. Dalam konteks perkuliahan, mereka juga dituntut lebih aktif dalam mata kuliah English for Academic Purpose, misalnya. Termasuk dalam menguasai dan mengaplikasikan  materi-materi kuliah berbahasa inggris. Di tahun-tahun selanjutnya pun, penulisan skripsi dengan menggunakan bahasa inggris dituntut untuk mengalami peningkatan dan keseimbangan dengan penulisan berbahasa arab.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan beberapa tips dan trik dalam mengajar Bahasa Inggris. Tak lupa, pemateri juga membagikan beberapa tautan untuk menjadi bahan rujukan dalam mengajar. Terakhir, acara ditutup dengan do’a dan foto bersama seluruh guru Bahasa Inggris. (El Azizi Dandy M)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *