Haflah Ast-Tsanawy, Kegiatan Program Studi Yang Penuh Motivasi!

Kegiatan Program Studi SAA

Al ma’hadu laa yanaamu abadan, itulah kata yang tepat untuk seluruh kegiatan yang ada di kampus ini. Begitu juga kegiatan program studi yang tak ada hentinya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Mahasiswa, beberapa Dosen SAA, serta Bapak Dekan Fakultas Ushuluddin yang bertempat di hall gedung CIOS.

Acara dimulai pukul 5 sore, dan dibuka dengan Tausyiyah dari Al- Ustadz Syamsyul Hadi Untung, M. A., M.L.S.. Dalam tausyiyahnya, bapak dekan memberi beberapa nasehat dan motivasi kepada para mahasiswa agar terus belajar, serta mengembalikan khittah sebagai mahasiswa. Beliau juga berpesan agar mahasiswa SAA dapat menggunakan waktunya sebaik- baiknya. Beliau mengutip mahfudzat kelas II KMI, “Manfaatkanlah 5 perkara sebelum 5 perkara, masa mudamu sebelum masa tuamu, sehatmu sebelum sakitmu, kosongmu sebelum sibukmu, kayamu sebelum miskinmu, dan hidupmu sebelum matimu”. Nasehat tersebut ditutup dengan do’a dan dilanjutkan dengan ta’jil bersama.

Kegiatan Program Studi SAA.
Kegiatan Program Studi SAA.

Apresiasi Prodi Kepada Mahasiswa Berprestasi

Acara dilanjutkan dengan Sholat Maghrib berjamaah di Masjid Jami’. Setelah Shalat Maghrib berjama’ah, acara dimulai kembali dengan sedikit nasihat tambahan dari bapak Dekan dan juga pembacaan mahasiswa berprestasi. Sebelum itu, Kepala Program Studi Studi Agama- Agama Al- Ustadz Asep Awaludin, M. Ag sedikit menjelaskan mengenai penilaian yang telah dilaksanakan oleh jajaran Dosen Prodi SAA, “beberapa faktor yang kami nilai adalah akademik, kerohanian atau sholat jamaahnya, keaktifan mahasiswa dalam kegiatan, dan faktor- faktor yang lainnya” ujar beliau.

Setidaknya, ada 4 orang mahasiswa yang diapresiasi sebagai mahasiswa terbaik dan dipanggil untuk menerima hadiah berupa sertifikat dan tiket mudik, yaitu Moh. Husnul Affan dari semester 2, Adi Rahmat Kurniawan dari semester 4, Azzamul Azhar dari semester 6, dan Dimas Prihambodo dari semester 8.

Kegiatan Program Studi SAA
Kegiatan Program Studi SAA

Harapannya, kegiatan program studi semacam ini bisa memotivasi mahasiswa untuk saling berlomba dalam kebaikan, baik dalam prestasi akademik, non- akademik, maupun dari segi ibadah. Al- Ustadz Asep juga menyampaikan bahwa acara ini adalah pertama kali dilaksanakan oleh Prodi SAA. Bahkan, beliau berkata “insya Allah hal ini akan terus kita lanjutkan di setiap penghujung tahun, bahkan setiap semester jika memungkinkan”.

Salah satu nilai yang ada dalam hal semacam ini adalah kegiatan ini merupakan wadah untuk membangun kebersamaan, terlebih untuk berlomba- lomba dalam kebaikan.

Acara ini ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Al- Ustadz Syamsyul Hadi Untung, dilanjutkan dengan foto bersama dan makan malam.  (affan/SAA/2)

1 thought on “Haflah Ast-Tsanawy, Kegiatan Program Studi Yang Penuh Motivasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *