HALAL BI HALAL DAN RAKOR UNIDA KAMPUS KEDIRI

Halal bi Halal dan Rakor Kampus Kediri

Dosen Fungsionaris Fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor melaksanakan Halal Bi Halal dan Rapat Koordinasi (Rakor) di UNIDA Kampus 4 Kediri. Halal bi Halal dan Rakor ini turut dihadiri oleh Dosen-Dosen Kampus 4 Kediri, Ka. BAAK Kampus 4 Kediri, Ka. BAAK Kampus 5 Kandangan, dan staff. Di awal sambutannya, Wakil Pengasuh Pondok Modern Gontor Kampus 3 Darul Ma’rifat, al-Ustadz H. Heru Wahyudi menyatakan sangat bersyukur karena beliau mendapati perhatian dari Fakultas Ushuluddin untuk mahasiswa sangat tinggi.  Hal ini dibuktikan dengan kualitas karya tulisan mahasiswa di dapur guru yang meningkat. Jumlah mahasiswa yang melanjutkan perkuliahan hingga SI maupun SII tahun ini pun meningkat. “Jumlah SI sangat banyak khususnya yang melanjutkan ada 45 mahasiswa dari yang sebelumnya 25. Sementara untuk mahasiswa pascasarjana yang siap full ada 5 orang.Begitu beliau melaporkan

Dekan Fakultas Ushuluddin, al-Ustadz Syamsyul Hadi Untung, M.A. M.Ls pun menimpali bahwa kegiatan Halal BI Halal dan rakor yang akan terus diadakan setiap tahun sekali usai pertemuan di kampus pusat adalah memang sebagai bukti perhatian UNIDA Gontor khususnya Fakultas Ushuluddin terhadap kampus-kampus cabang. Dalam kali kedua ini, di antara catatan yang paling penting adalah evaluasi untuk para dosen dalam rangka meningkatkan diri kembali dalam kegiatan belajar mengajar. Bapak Dekan sangat yakin akan kualitas mahasiswa Kediri sebagaimana sudah disampaikan oleh Bapak Wakil Pengasuh. Beliau menegaskan, 5 orang yg akan lanjut program pascasarjana di UNIDA dari kampus Kediri akan memberikan motivasi mahasiswa lainnya sehingga bisa fokus dan akhirnya cepat selesai studi serta membantu program UNIDA untuk mencapai 100 doktor akan tercapai.”

Dari Kiri ke Kanan: al-Ustadz Adib Fuadi Nuriz, Ph.D. (Dosen Senior Prodi SAA), al-Ustadz Syamsyul Hadi Untung, M.A., M.Ls. (Dekan Fakultas Ushuluddin), al-Ustadz H. Heru Wahyudi, S.Ag. (Wakil Pengasuh Pondok Modern Gontor Kampus 3 Darul Ma'rifat),dan al-Ustadz Asep Awaludin, M.Ag. (Kaprodi Studi Agama-Agama.
Dari Kiri ke Kanan: al-Ustadz Adib Fuadi Nuriz, Ph.D. (Dosen Senior Prodi SAA), al-Ustadz Syamsyul Hadi Untung, M.A., M.Ls. (Dekan Fakultas Ushuluddin), al-Ustadz H. Heru Wahyudi, S.Ag. (Wakil Pengasuh Pondok Modern Gontor Kampus 3 Darul Ma’rifat),dan al-Ustadz Asep Awaludin, M.Ag. (Kaprodi Studi Agama-Agama.

Baca Juga: Refreshment Fungsionaris Fakultas Ushuluddin bersama Dr. Adib Fuadi Nuriz

Dosen Senior Prodi Studi Agama-Agama, al-Ustadz Adib Fuadi Nuriz, Ph.D. Pun menyampaikan dalam sambutannya sebuah kebanggaan akan jumlah mahasiswa Fakultas Ushuluddin UNIDA yang terbanyak di dunia yaitu dengan total 936 Mahasiswa. Rincian jumlah mahasiswa tersebut adalah dari Prodi Akidah Filsafat Islam (AFI) sebanyak 198 mahasiswa, Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir 313 mahasiswa, dan SAA sendiri 452 mahasiswa. Jumlah tersebut, belum termasuk mahasiswa baru. “Yang patut disyukuri lagi adalah bahwa kita ini khususnya SAA sudah terakreditasi BAN-PT dengan nilai A sebanyak 3 kali.” Demikian Ustadz Adib memberikan sambutan.

Halal bi Halal sebagai Realisasi Pencapaian UNIDA Gontor

Halal bi Halal dan Rakor ini juga mengafirmasi kualitas Fakultas Ushuluddin yang memang semakin terjamin dengan adanya sejumlah pencapaian-pencapaian mutakhir yang membanggakan. Di antaranya, dilantiknya Bapak Rektor UNIDA Gontor, yang juga merupakan Dosen Senior Prodi Akidah Filsafat Islam, Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi sebagai jajaran Ketua Kopertis VII, Hajat International Conference on Religious Issues in Indonesia and Malaysia (ICRIIM) 2019 sebagai bentuk kerjasama antara UNIDA dengan IIU Malaysia yang akan diadakan di awal Agustus 2019 ini, dan lain sebagainya. Beberapa waktu yang lalu, sejumlah Dosen Prodi Studi Agama-Agama pun terlibat dalam acara kuliah umum Assoc. Prof. Salah Basalamah dari Ottawa University, Canada. 

Adapun Bapak-Bapak Kaprodi Studi Agama-Agama dan Akidah Filsafat Islam menyampaikan sejumlah hal teknis terkait dengan kehidupan akademik di Fakultas Ushuluddin. Al-Ustadz Asep Awaludin, M.Ag. selaku Kaprodi Studi Agama-Agama, misalnya, menekankan urgensi review kurikulum, penulisan skripsi, dan input nilai setelah Ujian Akhir Semester  (UAS). Sementara itu Kaprodi Akidah dan Filsafat Islam, al-Ustadz Ishomuddin, M.Ud menyampaikan komitmen peningkatan atas pengawalan kegiatan mahasiswa khusunya non-akademik, proyek kajian buku/kitab khas Prodi, sekaligus menggalakkan kembali PILMAPRES atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi. Halal bi Halal dan Rakor kemudian diakhiri dengan Coffe Break dan ngobrol santai antara Dosen undangan. (RM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *