Kunjungan Studi Akademik ke Vihara Dhammadipa Arama

studi-akademik-vihara-dhammadipa-arama-saa2mantingan

Para mahasiswi progam Studi Agama- Agama semester 2 UNIDA GONTOR kampus Mantingan mengadakan kunjungan pada Vihara Dhammadipa Arama (Jum’at 20/12/2019) . Kunjungan ini dihadiri oleh 36 mahasiswi disertai dengan 2 dosen pembimbing. Kunjungan ini disambut hangat oleh para Bhikku dan Attasilani di Vihara tersebut.

Acara ini dimulai dengan sambutan dari pak Aryanto selaku penanggung jawab Vihara dan Dosen STAB dan al-Ustadz Muhammad Hifni Nasif, M. Ud,. selaku dosen pembimbing Studi Akademik. Pokok acara ini kemudian adalah penjelasan mengenai “Keyakinan Umat Budha” oleh Bhikku Uggaseno Herman S.Pd.B, MM,CPS, CPM. Dalam acara ini Bhikku Uggaseno menjelaskan perjalanan Sidharta Gautama dari awal hingga mencapai Budha. Bhikku Uggaseno menyampaikan bahwa, “Budha sebenarnya bukan agama, tetapi Budha yang dimaksudkan disini adalah gelar pada seseorang yang sudah mencapai paparan tingkat yang sesuai”.

BACA JUGA: Kunjungan Studi Akademik ke Sekolah Tinggi Agama Budha di Kertarajasa

Setelah mendengar penjelasan dari Bhikku Uggaseno, acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dalam kesempatan ini, para mahasiswi sangat antusias dalam menanyakan segala hal mengenai Agama Buddha. Tak hanya mahasiswi, dosen pembimbing pun juga menanyakan sesuatu hal yang belum diketahui mengenai Budha. Acara yang dilaksanakan di aula ini kemudian diakhiri dengan penyerahan cindera mata dan sesi perpotoan bersama dengan para Bhikku dan Attasilani.

BACA JUGA : Penerapan Dharma di Vihara Avalokitesvara

Usai tanya jawab, para mahasiswi peserta Studi Akademik berkeliling Vihara Dhammadipa dengan didampingi oleh Attasilani dengan membagi menjadi 2 kelompok. Para mahasiswi melihat secara langsung tempat serta tata cara peribadatan agama Budha yang dipraktekkan oleh salah satu attasilani yang mendampingi mereka. Para mahasiswi juga memasuki museum perjalanan Sidharta serta tempat peribadatan Budha dari beberapa negara. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk memasuki perpustakaan yang berisi buku-buku mengenai Budha, bahkan mendapatkan beberapa buku tentang agama Buddha. (Khoirunnisa Nurul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *