Lulusan UNIDA Gontor dan Kontribusinya

 

Lulusan UNIDA Gontor dan Kontribusinya

Oleh: Miftakhul Huda/ Semester 2

Lulusan UNIDA Gontor Tahun 2019 bersama Rektor dan Para Dosen

Wisuda merupakan suatu proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu universitas. Begitu pula dengan Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor yang telah mengadakan wisuda ke-32 bertepatan tanggal 3 Maret 2019 pagi hingga siang hari. Acara ini diselenggarakan di main hall gedung terpadu lantai 4. Dimulai dengan pembacaan laporan Rektor yang dibaca oleh Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed., M.Phil. kemudian diteruskan dengan sambutan oleh Rektor UNIDA Gontor Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A sebagai pembukaan wisuda ke-32 ini.

Selang acara berlangsung, sambutan juga diisi oleh wali wisudawan yang mengungkapkan terima kasih sebesar-besarnya atas peran unida gontor yang melahirkan para lulusan dengan kontribusi sesuai dengan bidangnya. Beliau juga sedikit memaparkan bahwa dalam ilmu Tasawuf ada istilahnya maqomat dan ahwal. Inilah yang beliau banggakan dari Gontor yang mendidik mahasiswanya sesuai dengan maqomat dalam ilmu tasawuf sehingga menghasilkan tsamroh (buah/hasil) yang dalam ilmu Tasawuf berupaahwal.

Pada wisuda kali ini, dihadirkan tamu special Gontor yaitu bapak Bambang Widjojanto sebagai mantan wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam sambutan beliau menuturkan kata demi kata hingga menjadi kalimat panjang. Kali ini beliau membahas situasi Indonesia dari segala segi baik itu ekonomi, hukum dan lain-lainnya. Yang menarik dari sambutannya beliau mengungkapkan keadaan Indonesia sekarang bagaikan diterjang tsunami, tsunami yang dimaksud adalah akhlak dan budi pekerti masyarakat Indonesia saat ini terombang-ambing dengan adanya politik yang sudah diujung tanduk. Di akhir acara, Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor K.H. Hasan Abdullah Sahal berpesankepada para wisudawan dan wisudawati dan juga kepada wali wisuda untuk selalu mengamalkan ilmu yang dimiliki karena ilmu tanpa amalan bagaikan pohon tanpa buahnya.

            “Belajarlah yang amaliyah dan beramallah yang ilmiyah” ucap K.H. Hasan Abdullah Sahal saat berpesan kepada seluruh wisudawan dan wisudawati pada acara wisuda ke-32 kali ini.

 

Berita terkait:

Prodi SAA Sabet Empat Prestasi di Wisuda Sarjana Angkatan ke-32

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *