Manajemen Kunci Pengembangan Mutu Jurnal

pengembangan mutu managemen jurnal

Dalam rangka pengembangan mutu pengelolaan jurnal di Fakultas Ushuluddin, Penanggung Jawab Jurnal Kalimah (perwakilan Universitas Darussalam Gontor) mengikuti Workshop Manajemen Jurnal yang diagendakan oleh Kopertais Wilayah IV Surabaya. Acara ini bertujuan agar semua jurnal yang ada dapat terakreditasi Nasional & Internasional. Pelatihan yang bertempat di GreenSA Inn & Centre pada Tanggal 26 Oktober 2019 ini dihadiri dan dibuka langsung oleh PPK Kopertais Wilayah IV Surabaya. Dalam hal ini disampaikan bahwa publikasi ilmiah merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan Pendidikan Tinggi. Workshop dimulai dengan presentasi oleh Dr. Lukman selaku Kasubdit Fasilitas Jurnal Ilmiah ristekdikti.

lihat juga: Jurnal Kalimah

Dalam acaranya ini ternyata menjadi ajang perkenalan dua aplikasi yang baru lahir pada tahun 2019 ini. Dimana pada tahun 2018 kita mengenal istilah SINTA dan ARJUNA, maka pada saat ini dikenalkan dua tokoh pewayangan baru yaitu ANJANI dan RAMA. ANJANI sendiri adalah sistem pembinaan, pelaporan pelanggaran integritas akademik dan pendeteksi kemiripan karya ilmiah (anjani.ristekdikti.go.id). Sedangkan RAMA adalah sistem integrasi repositori Tugas Akhir Mahasiswa (rama.ristekdikti.go.id). Tidak hanya dua aplikasi itu yang disosialisasikan, akan tetapi terdapat aplikasi lain yaitu IDMENULIS yang merupakan sistem pendampingan publikasi ilmiah dan RUANG KERJA sebagai sistem tutorial publikasi Ilmiah. Selain itu disampaikan pula bagaimana cara mengelola jurnal yang baik sehingga selanjutnya dapat diajukan ke ARJUNA agar dapat terkareditasi SINTA dengan nilai yang memuaskan. Dengan demikian diharapkan seluruh pengelola jurnal dapat konsisten dalam pengelolaan jurnal yang dikelola, sehingga konsistensi ini dapat menjadikan Jurnal tersebut dapat terakreditasi nasional dan internasional.

Dari workshop manajemen jurnal ini, diharapkan Jurnal Kalimah lebih berkembang lagi. pengelolaannya juga lebih baik sehingga dapat bersaing dengan jurnal- jurnal Nasional dan Internasional.

Abdullah Muslich

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *