Masjid Mahronnisa: Masjid Wakaf Cinta Syeikh Abdul Qodir Hasyim al-Madany

masjid-mahronnisa-masjid-cinta-gontor-putri-1-saa-studi-agama-agama

Khutbah Jum’at di Masjid Mahronnisa Gontor Putri 1

Masjid Mahronnisa atau yang biasa dikenal dengan ‘Masjid Cinta’ adalah Masjid yang terletak di pelataran timur komplek Gontor Putri 1 sebelah timur gerbang utama Pondok. Masjid ini, dikenal dengan masjid cinta, mengikuti riwayat salah seorang Anggota Badan Wakaf Pondok Modern Gontor, K.H. Abdullah Said Baharmus, Lc yang menceritakan sejarah Masjid ini ketika diresmikan pada 3 tahun lalu.

Masjid ini, awalnya merupakan sebuah masjid sederhana bernama Masjid Al Hikmah atau Masjid Sarinah dan dibangun jauh sebelum Gontor Putri berdiri. Dinamakan Masjid Sarinah, karena dahulunya pembangunan masjid ini dibiayai oleh Majalah Sarinah yang dikelola Bapak H. Harmoko. Seiring berjalannya waktu, jama’ah masijd yang terutama juga adalah wali dan calon wali santriwati semakin bertambah hingga melebihi kapasitas terlebih hari Jum’at.

Lihat Juga: Khutbah’ Jum’at di Masjid Mahronnisa

Dengan izin Allah, Masjid tersebut dapat diperluas dan dibangun kembali dengan desain yang indah bercorak timur tengah dan selesai di awal tahun 2016. Desain arsitekturnya datang dari Bapak Slamet Fiddin dari Madura. Masjid yang sebelumnya sangat sederhana itu kini mampu menampung kurang lebih 1200 jama’ah. Revitalisasi Masjid Mahronnisa itu juga dilengkapi dengan kamar mandi, perpustakaan, kantor pemancar radio, gudang peralatan dan sound system. Seluruh biaya pembangunannya yang terhitung senilai 5 milyar rupiah murni merupakan wakaf dari Syeikh Abdul Qodir Hasyim Al-Madany.

Adapun nama Mahronissa sendiri adalah nama istri dari Syeikh Abdul Qodir Hasyim al-Madany yang telah meninggal dunia. Ibu Mahronnisa dikenal sebagai seorang Alimah yang Hafizhah dan Penceramah di Timur Tengah. Kabarnya, Syeikh Abdul Qodir Hasyim al-Madany memilih kawasan Gontor Putri 1 sebagai doa tidak hanya untuk mengenang istri beliau yang sangat ia cintai, namun juga agar kelak santriwati-santriwati Gontor Putri semuanya bisa menjadi sosok figur istri dan wanita yang Salihah, ‘Alimah, Hafizhah, Insya Allah.

Wakaf Cinta- Syeikh Abdul Qodir Hasyim al-Madany menandatangi Piagam Wakaf Peresmian Masjid Mahronnisa di Pondok Moden Gontor Putri 1

Pada hari Sabtu, 12 Maret 2016. Masjid Mahronissa akhirnya resmikan oleh Rombongan Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, Rektor Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, Bapak Wakil Pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 al-Ustadz Ahmad Suharto, M.Pd.I., Sekretaris 1 Kedutaan Besar Saudi Arabia di Indonesia Syekh Abdurrahman, Anggota Badan Wakaf K.H. Abdullah Said Baharmus, Lc, Wakil Bupati Ngawi, KAPOLRES Ngawi, para mahasiswa, guru dan santriwati beserta masyarakat sekitar pondok. Piagam Wakaf langsung ditandangani oleh Syeikh Abdul Qodir Hasyim al-Madany sendiri. (Abdullah Muslich Rizal Maulana/dari berbagai sumber)

*Jum’at (27/9) lalu, salah seorang Dosen Prodi Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor yang juga merupakan Guru Senior Pondok Modern Gontor Putri 1, al-Ustadz Hifni Nasif, M.Ud. diamanahi untuk menjadi Khatib Jum’at di Masjid Mahronnisa. Teks Khutbah dapat diakses di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *