DOSEN PROGRAM STUDI STUDI AGAMA- AGAMA IKUT MEMBANTU PERSIAPAN AKREDITASI PROGRAM DOKTORAL

Persiapan Akreditasi Program Doktoral

Universitas Darussalam Gontor adalah sebuah perguruan tinggi yang didirikan dalam rangka mewujudkan cita- cita Trimurti pendiri pondok yaitu KH. Akhmad Sahal, KH. Imam Zarkasyi, dan KH. Zainudin Fannanie. Cita- cita Trimurti tersebut dituangkan dalam piagam wakaf 1958 dengan tujuan agar tetap mengembangkan Pondok yang diwakafkan menjadi Universitas yang berartoi dan bermutu serta menjadi pusat pengkajian Islam dan bahasa Arab. Demi melanjutkan cita- cita tersebut, segenap civitas akademika saling bahu- membahu dalam berbagai hal agar apa yang dicita- citakan dapan digapai. Salah satu pencapaian terbesar Universitas Darussalam Gontor adalah berhasil mendirikan program pascasarjana baik strata 2 yang terdiri dari beberapa program studi yaitu, Aqidah dan Filsafat Islam, Pendidikan Bahasa Arab, dan Hukum Ekonomi Syariah, dan satu program studi di tingkat strata 3 atau doktoral yaitu Aqidah dan Filsafat Islam.

Dalam rangka meningkatkan mutu dan standarisasi secara nasional, hampir semua program studi telah mengikuti akreditasi. Penilaian akreditasi dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional untuk Perguruan Tinggi (BAN-PT). Prodi yang telah diakreditasi oleh BAN-PT, akan mendapat nilai yang beragam sesuai dengan point yang diperoleh. Ada yang mendapat baik (A), sedang (b), dan kurang (c) yang semua itu tergantung dari persiapan masing- masing Prodi. Beberapa waktu terakhir, salah satu program studi menghadapi masa- masa akreditasi yaitu Program Studi Doktoral Aqidah dan Filsafat Islam. Menurut kepala program studi AFI doktoral Dr. Sujiat Zubaidi Shaleh, M. A akreditasi yang dihadapi saat ini adalah salah satu yang paling krusial di UNIDA, demikian karena prodi ini baru didirikan pada tahun 2015.

Dalam rangka mempersiapkan akreditasi, Kepala Program Doktoral AFI membentuk tim persiapan akreditasi yang terdiri dari beberapa dosen dan mahasiswa. Setidaknya ada 3 dosen dari Program Studi Studi Agama- Agama (SAA) dari 27 yang diberikan amanah untuk bergabung dalam tim persiapan akreditasi. Tugas tiap- tiap anggota tim sangat beragam, ada yang bertugas untuk mengumpulkan berita acara, beberapa surat keterangan, bahkan bukti fisik dari prestasi yang diraih dosen/mahasiswa program doktor juga dikumpulkan. Bukti fisik tersebut dikumpulkan sesuai dengan apa yang dituliskan pada laporan (borang) yang telah dikumpulkan. Nantinya, bukti fisik ini akan dinilai oleh tim dari BAN-PT yang melakukan visitasi. Sampai artikel ini dibuat, persiapan tim persiapan akreditasi sudah mencapai 70 persen dan ditargetkan akan selesai seminggu kedepan. (azzamul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *