Membumikan Budaya al-Qur’an: Prodi SAA Melangsungkan Pra-Karantina Tahfidz al-Qur’an

  • Membumikan Budaya al-Qur’an: Prodi SAA Melangsungkan Pra-Karantina Tahfidz al-Qur’an

Oleh: Farhah dan Rizal

Tahfidz al-Qur’an adalah salah satu kegiatan mingguan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor. Kegiatan ini terbagi menjadi beberapa kelompok dari setiap semester, dan masing-masing darinya dibimbing oleh seorang Dosen sebagai Muhafidz/Muhafidzah.

Suasana Karantina Tahfidz

Kegiatan ini bertujuan Untuk menciptakan budaya Qur’ani, denganya pembimbing (Muhafidz) melakukan kreatifitas kegiatan guna ketertarikan mahasiswa dalam menghafal. Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas bacaan dan hafalan al-Qur’an, serta merupakan salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS).
Dengan dekatnya waktu ujian Tahfidz al-Qur’an di UNIDA Gontor yang akan dilaksanakan insya Allah pada hari Jum’at, 8 Maret 2019. Mahasiswa Program Studi Agama-Agama (SAA) Universitas Darussalam Gontor menginisiasi Pra-Karantina Tahfidz al-Qur’an dengan Pembimbing (Muhafidz) masing-masing semester semenjak Senin Sore, 4 April 2019.

Acara Pra-Karantina Tahfidz ini telah dilaksanakan di sejumlah tempat yang berbeda. Al-Ustadz Nur Rosyid Huda Setiawan, MIRKH misalnya, hari Senin sore (3/4) melaksakanan Pra-Karantina Tahfidz untuk Mahasiswa Semester 2 yang bertempat di serambi Masjid UNIDA Gontor, sementara subuh tadi, dilaksanakan di Mushala Asrama Mahasiswa Abu Bakar. Al-Ustadzah Farhah, M.Ag, melaksanakan Pra-Karantina Tahfidz bersama mahasiswa Semester 6 di Areal Pohon Peradaban Asrama Program Kaderisasi Ulama (PKU). Hal ini tidak hanya bertujuan untuk memaksimalkan potensi mahasiswa dalam menghafal. “Karantina tahfidz di rayon sangat efektif karena semua mahasiswa tinggal di satu asrama, suasana pagi (subuh) pun sangat pas untuk hafalan.” Demikian penjelasan al-Ustadz Nur Rosyid Huda Setiawan, MIRKH.

Pra-Karantina ini, menurut beliau, akan terus diadakan secara konsisten hingga 3 hari kedepan, sebelum kemudian insya Allah akan diakhiri dengan Full-Day Karantina pada Hari Kamis, 7 Maret 2019. Full-Day Karantina ini akan berlangsung dari Ba’da Ashar hingga pukul 22.00 WIB ditutup dengan Shalat Hajat Berjama’ah.

Berita terkait:

4 Unsur Penilaian Kinerja Dosen, Apa Saja ?

1 thought on “Membumikan Budaya al-Qur’an: Prodi SAA Melangsungkan Pra-Karantina Tahfidz al-Qur’an

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *