SEO adalah Sebuah Langkah Awal Untuk Memajukan Website Prodi!

Mengenal SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan upaya untuk meningkatkan  kualitas web di Universitas Darussalam Gontor. SEO adalah usaha untuk memaksimalkan website agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian. Untuk mengurutkan peringkat, mesin pencari menggunakan algoritma tertentu. SEO untuk website sangatlah penting, karena hampir semua orang mencari informasi melalui mesin pencari. Untuk sementara ini, mesin pencari yang terbaik adalah Google. Peringkat pertama samapai ketiga adalah yang memiliki total klik kumulatif lebih dari 50%. SEO ini menjadi penting karena web bisa mendapatkan pengunjung dengan jumlah ribuan hingga puluhan ribu per hari. Biasanya, web yang memiliki tingkat konversi yang besar adalah web milik pebisnis online.

Semua mesin pencari yang ada ingin apa yang diinginkan konsumen/pencari muncul dalam sekali klik. Mesin pencari tersebut ingin menampilkan hasil pencarian yang terbaik dari beberapa segi yaitu; konten yang disajiikan, struktur dan navigasi, kepuasan pengguna, dan popularitas. Sebenarnya, tidak semua website sukses tanpa SEO karena mesin pencari sekarang sudah pintar dalam mengasumsikan kualitas website dan struktur halaman.

A. SEO bisa dilakukan sendiri?

Jawabannya adalah bisa, karena sudah sangat banyak sekali panduan untuk membuat SEO yang bisa diakses secara gratis. Kita bisa belajar secara otodidak dan mempraktekkannya sendiri, dengan ini kita bisa menghemat jutaan rupiah.

Ada beberapa komponen yang harus dipelajari dan dipahami untuk lebih mengenal SEO. Pertama¸ mengoptimasi halaman website. Kedua, riset kata kunci (keyword research). Ketiga, menganakisa kompetisi. Keempat, membuat konten yang teroptimasi. Kelima, membangun popularitas, link, dan reputasi. Terakhir, adalah melakukan audit terhadap performa SEO.

B. Optimasi Halaman dan Konten Website untuk Mesin Pencari (On-page SEO)

              Ada beberapa indikasi bahwa web sudah teroptimasi atau belum terhadap mesin pencari dan biasanya disebut On-page SEO. Optimasi On-page SEO bertujuan agar search engine tahu apakah web kita sudah relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna dan memiliki kualitas yang terbaik.

C. Konsep on-page SEO

Memahami konsep optimasi on-page SEO adalah hal utama yang harus dipahami. Inti dari on-page yang di optimasi supaya bermanfaat tinggi bagi pengunjung, memudahkan pengunjung dalam melakukan eksplorasi, agar pengunjung betah di dalam website kita, dan struktur website kita diketahui oleh mesin pencari. Beberapa hal tersebut sangat penting untuk membuat pengunjung puas dengan apa yang mereka dapatkan. Dan google, ingin memuaskan pengunjung dengan itu. Beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung adalah Konten, Keyword, Judul, URL, Meta description, Media gambar, Outbound link, Internal link, Social sharing, Kecepatan website.

Faktor pertama adalah konten. Apa saja yang membuat konten dianggap baik kualitasnya? Jawabannya adalah ketika konten tersebut memberikan manfaat maksimum bagi pengunjung, lebih menonjol dibandingkan dengan konten lainnya, disimak dalam waktu yang panjang, menimbulkan rasa (kagum, terhibur, bahagia, dll) terhadap pengunjung, dan menjadi problem solving bagi pengunjung. Disisi lainnya, google menolak dan menentang konten yang tidak berbobot, tidak memberikan nilai tambah bagi pengunjung, tidak original, dan membuat pembaca frustasi karena kualitasnya yang rendah.

Faktor kedua adalah keyword populer dan tepat sasaran. Ketika kita mencari sesuatu di mesin pencari, kita akan mengetik beberapa kata kunci lalu kemudian muncul banyak informasi yang bisa kita ambil. Itulah kata kunci yang tepat sasaran. Semakin relevan kata kunci yang digunakan, maka semakin banyak pula pengunjung yang website kita. Caranya adalah cukup memyertakan keyword di judul dan isi konten, serta URL.

Faktor ketiga adalah judul yang menarik dan mengundang klik. Jika hal ini dilakukan, maka peringkat akan naik karena penunjung bertambah. Yang perlu digaris bawahi adalah, google sangat mengutamakan hasil pencarian terbaik dan tidak melulu yang paling banyak dikunjungi.

Faktor keempat adalah URL yang deskriptif dan singkat.

Kelima adalah meta description yang deskriptif. Meta description adalah kalimat pendek yang muncul pada hasil pencarian. Tapi, meta juga tidak selalu muncul karena google lebih sering menggunakan kata kunci dalam konten kita masing- masing.

Faktor keenam adalah gambar menarik, memiliki kualitas tinggi, dan berukuran optimal. Ada beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk optimalisasi pengunjung. Pertama, anda harus menggunakan gambar yang berhubungan dan menjelaskan konten. Kedua, gunakam tipe ekstensi yang tepat agar ukuran file tidak membengkak. Ketiga,  resolusif harus sesuai dengan apa yang ditampilkan. Keempat, mengkompres gambar agar optimal. Kelima, menambahkan atribut alt ketika meletakkan gambar.

Faktor ketujuh adalah refrensi yang berupa link ke website lain. Poin ini dianggap penting untuk website baru untuk membangun reputasi.

Faktor kedelapan, mencantumkan internal link untuk mempermudah navigasi. Hal ini untuk mengurangi pengunjung yang langsung keluar ketika mencoba mengunjungi web kita (BOUNCE). Biasanya, bounce ada karena kualitas konten mengecewakan dan navigasinya sulit. Bounce rate bisa menjadi navigasi untuk mengukur kepuasan pengunjung terhadap website kita.

Faktor kesembilan adalah bisa di share ke media sosial. Hal ini bermanfaat untuk tambahan pengunjung, branding website kita akan dikenal, faktor kepuasan bertambah tinggi, dan beberapa pengunjung akan memberikan backlink.

Faktor kesepuluh adalah kecepatan respon dan hambatan kecepatan. Ketika respon web kita cepat, maka pengunjung akan menjadi nyaman berada dalam website kita. Beberpa faktor yang mempengaruhi adalah kualitas hosting, jumlah file, dan ukuran halaman.

D. Riset Kata Kunci dan Analisa Kompetisi?

ketika kita mencari sesuatu dengan menggunakan kata kunci, mesin akan memberikan hasil yang relevan. Riset ini dilakukan dengan bantuan tool dari google untuk melakukan riset mendapatkan kata kunci. Untuk pemula, carilah kata kunci dengan persaingan rendah untuk menanam pondasi terlebih dahulu. Selain itu, kata kunci diusahakan agak panjang menyesuaikan kebutuhan masing- masing dari kita.

E. Content Marketing Sebagai Bagian Utama dari Strategi SEO !

Content marketing adalah usaha-usaha pemasaran yang dilakukan dengan cara menyediakan konten yang bermanfaat untuk orang lain dengan tujuan agar mereka mengenal bisnis/usaha anda. Dari beberapa penjelasan, kualitas SEO itu sendiri adalah SEO modern yang paling optimal. Bagaimanapun juga, Content adalah hal yang paling penting dalam pemasaran.

Ada 3 pihak dalam SEO, yaitu pengguna, website, dan google. Untuk memuaskan pengguna, kita harus menyediakan informasi terbaik. Karena itulah, konten memegang peranan penting dalam pemasaran. Konten yang baik untuk SEO adalah yang dibuat dengan tidak asal- asalan. Setidaknya ada 5 aturan main SEO yaitu, harus mengutamakan kualitas konten, kuantitas tidak terlalu penting, google me-ranking halaman, bukan website, konten berkualitas harus dibarengi dengan promote yang banyak, dan terakhir adalah penggunaan keyword agar tajam dan tepat guna.

F. Off-page SEO : Membangun Link dan Popularitas

              Jika diawal ada on-page SEO yang berarti usaha promote atau optimasi web secara online, maka Off-page SEO adalah promote secara offline dengan cara membangun link tersebut dan membuatnya populer. Tapi, terlalu mengandalkan link building tanpa memperhatikan konten juga sangat salah. Membangun link baiknya dengan cara memperbaiki content yang akan menjadi unggulan dalam masing- masing web. Beberapa contoh backlink yang tidak disukai google dan sering disalah gunakan adalah bertukar link., Membeli link & menggunakan jasa backlink, Komentar di blog & forum, Auto-approve link. Segala bentuk link yang tidak melalui moderasi dari pemilik website. Artinya link tersebut langsung muncul ketika anda memasukkan alamat website anda. Menggunakan software bot,Private Blog Network. Spam dan terakhir adalah spam dalam bentuk apapun.

Ada perdebatan mengenai pengaruh sosmed terhadap link website. Ada yang bilang berpengaruh dan ada yang bilang tidak begitu berpengaruh. Dua- duanya betul, tpi alangkah baiknya jika kita mempromote website kita melalui media sosial. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi ranking off-page SEO. Faktor tersebut adalah: kualitas backlink (Reputasi website, Keaktifan website, Kesamaan topik, Penempatan backlink dalam website, Difollow & nofollow, Kesamaan bahasa, Umur backlink), anchor text dalam backlink, jumlah backlink, keragaman, reputasi sosial, aktivitas sosial, dan faktor personal pengguna (Pernah-tidaknya pengguna mengunjungi suatu website, tingkat kepuasan pengguna terhadap suatu website, negara dan bahasa, apakah suatu website pernah di-share oleh temannya).

Membangun Backlink Berkualitas untuk Meningkatkan Rangking!

Ada 2 konsep besar yaitu Natural dan Berkualitas. Ada kutipan dari Matt Cutts :

Apabila strategi utama dari link building anda adalah menulis komentar di banyak website sampai-sampai sebagian besar link yang anda punya hanya berupa komentar, dan tidak ada orang lain yang betul-betul memberikan link untuk anda, maka suatu saat ini bisa dikategorikan sebagai strategi yang licik.

Dalam tingkat tinggi kami berhak untuk mengambil tindakan terhadap tindakan manipulasi atau strategi link licik yang kami rasa mengacaukan rangking.

Yang benar? ya, secara natural berarti mendapat izin untuk men-share link website kita kepada pemilik website agar tidak dianggap spam. Dalam cara ini, pemilik web mempromosikan web kita atas seijinnya. Selain itu, dengan sedikit backlink (white hat), rangking  naik dengan cepat dan tanpa resiko, dan jika banyak  backlink (black hat), rangking naik perlahan dan resiko tinggi. Lagi pula, sedikit backlink sudah sangat cukup untuk menaikkan rangking web kita dalam pencarian.

Setidaknya ada 14 cara untuk membangun backlink berkualitas.

  1. Langkah pertama harus meningkatkan kualitas konten sebagai pondasi. Setelah kualitas tersebut bagus, nanti akan banyak web lain yang merekomendasikan konten yang telah kita buat. Ada beberapa ciri konten yang bagus; Isinya jauh lebih baik daripada konten lain yang sejenis, topiknya diminati oleh kalangan tertentu yang antusias, menyelesaikan tuntas masalah yang dihadapi banyak orang, disajikan dengan menarik sehingga mudah dinikmati.
  2. Minta kepada pemilik website lain. Kok bisa? Mana ada yang mau ngasih? Pasti ada yang mau ngasih ketika poin pertama diatas sudah terpenuhi yaitu web konten yang terbaik yang akan dikasih backlink secara cuma- Cuma oleh orang lain. Selain itu, kita bisa mendapatkan backlink graatis dengan pendekatan sosial dan saling mennguntungkan.
  3. Ketiga adalah memperbaiki broken link dari website lain. Cara ini bisa dilaksanakan ketika ada link yang tidak bisa dibuka di konten tersebut. Kita akan menego untuk menggantikannya dengan yang lebih baik.
  4. Resource link building. Jika kita ingin mendapatkan backlink dari orang lain, maka kita juga harus berbuat baik kepada orang lain. Cukup pasang link mereka di web kita dan hubungi mereka. Jalin kerjasama yang saling menguntungkan.
  5. Intip backlink dan strategi milik kompetitor. Kita bisa melihat backlink milik kompetitor anda dengan menggunakan layanan Open Site Explorer, Ahrefs, Majestic SEO, OpenLinkProfiler, atau SEO Spy Glass. Ini lebih seperti meniru seseorang dalam hal kebaikan, kita mencari sebab yang menjadikan web tersebut sukses dan kita ambil baiknya dan buang buruknya.
  6. Website direktori yang bersih dari spam. Website yang bagus merupakan web yang diawasi dengan selektif dan ketat, sehingga tidak ada spam di web kita. Inilah cara termudah untuk mendapatkan backlink dengan kualitas yang lumayan.
  7. Guest blogging untuk mendapatkan traffic. Ini adalah cara termudah untuk kita sebagai seorang pemula website. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan prduk kita ke tempat yang ramai, tentunya dengan kualitas konten yang terbaik yang akan mudah mendapatkan guest host dari web lain. Beberapa kualifikasi untuk dijadikan guest blogging berkualitas, diantarnya : Sudah cukup berumur, lebih dari 1 tahun, topiknya relevan dengan website anda, trafficnya cukup tinggi, bisa diperiksa di Alexa atau SimilarWeb, pembacanya antusias, bisa dilihat dari komentar atau akun social-nya desainnya tidak berantakan dan kontennya berbobot.
  8. Pancing perasaan dengan konten ego bait. Hal ini lebih tepatnya disebut dengan rayuan gombal atau cari muka. Berikan umpan berupa pembahasan mengenai seseorang/usaha/organisasi dalam konten yang kita buat dengan tujuan mereka menyadari dan memberi kita bakclink yang bagus.
  9. Memancing Perhatian dengan Konten Link Bait. Cara ini bertujuan untuk mengundang perhatian banyak orang sehingga kesempatan untuk mendapaatkan backlink juga banyak. Bentuk penerapanya cukup beragam, yaitu; Artikel kontroversial yang jadi pembicaraan banyak orang, konten interaktif yang bermanfaat atau bisa membuat orang, terhibur, misalnya kalkulator, game, atau kuis, artikel yang merupakan penjelasan atau opini dari sebuah berita yang sedang populer, kontes, panduan yang sangat lengkap sehingga orang-orang akan ingat dengan panduan tersebut setiap kali topiknya dibahas sajian data hasil analisa atau penelitian.
  10. Memanfaatkan Content Sharing Platform. Cara ini adalah cara untuk memanfaatkan paltform lain sebagai media kita untuk sharing dan promot. Hal ini . tidak ada ruginya. Tapi, ada dua kemungkinan yang akan didapatkan yaitu dampak baik dan buruk tergantung respon dari pengguna.
  11. Membuat Konten yang Berpotensi Viral. Biasanya, satu konten viral sudah cukup untuk membuat web kita dikenal. Tpi kita harus pastikan website kita adalah yang social media-friendly dengan cara menggunakan gambar/foto yang menarik, memasang tombol sharing, serta menggunakan meta Open Graph dan Twitter cards.
  12. Marketing, jangan spamming. Karena ini forum, maka tujuan diadakan forum tersebut adalah pembelajaran dan jangan sampai kita mengumbar sesuatu yang mengandung Spam disana.
  13. Dapatkan Link Dari Brand Mention. Hal ini kita lakukan ketika web kita sudah cukup terkenal. Kita cukup cari di konten orang lain dan meminta untuk mengganti kalimat tersebut aktif dengan web kita.
  14. Menggunakan Jasa SEO. Diatas disebutkan untuk tidak menggunakan jasa SEO karena akan membuat penalty web kita. Tapi, ada juga penjual jasa yang serius dengan jasa ini. Biasanya, mereka hanya melakukan optimasi yang stabil.

 

G. Bagaimana Melakukan Analisa untuk Memaksimalkan Kinerja SEO???

              Sebelum SEO dilaksanakan, ada 3 hal yang harus kita lakukan terlebih dahulu. Yaitu, On-page SEO (Optimasi halaman website), off-page SEO (membangun link dan popularitas), dan melaksanakan prinsip- prinsip dalam konten marketing. Setelah itu, barulah kita mulai untuk mengintegrasikan dua tool, search console dan google analytics untuk mendapatkan data agar dioptimasi lebih lanjut. Kemudian adalah melakukan crawling dengan alat bantu dengan tujuan mengetahui gambaran dari website kita apakah terjadi error, broken link, dll. Ketiga adalaha meriset kata kunci lebih lanjut. Dan terakhir adalah menganalisa performa konten agar mesin pencari memberi nilai bagus pada konten yang memuaskan. (azzam/SAA/6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *