Meningkatkan Keimanan Dengan Tadabbur Alam

Meningkatkan Keimanan Dengan Tadabbur Alam

Oleh : Miftakhul Huda/ SAA Semester 2

Tadabbur Alam merupakan sarana pembelajaran untuk mengenal lebih kepada Maha Besar Allah S.W.T. yang telah menciptakan langit dan bumi serta segala yang ada didalamnya. Pada kalangan popular saat ini kata Tadabbur alam lebih seringnya disebut sebagai camping. Begitu pula dengan UNIDA Gontor yang baru saja selesai melaksanakan camping yang diikuti mahasiswa dari seluruh semester dan juga para dosen.

Dekan Fakultas Ushuluddin Memberikan Pengarahan dan Melepas Peserta SAA Camp

Tepat kamis tanggal 21 Februari 2019, acara ini dibuka dan diarahkan langsung oleh Dekan Fakultas Ushuluddin Ust. H. Syamsul Hadi Untung, M.A, M.L.S. Beliau menjelaskan bahwa acara Tadabbur alam yang dilaksanakan oleh Prodi Studi Agama Agama kali ini bertujuan untuk mendekatkan diri kita kepada ciptaan Allah S.W.T.

Tadabbur Alam pada kali ini bertujuan untuk lebih mendekatkan diri kita kepada Allah S.W.T dengan bersentuhan dengan alam yang merupakan ciptaan-Nya. Oleh karena itu ketika disana dengarkan dan kerjakan seluruh intruksi dari para dosen.” tukas Dekan Fakultas Ushuluddin saat pelepasan peserta.

Para mahasiswa dan juga dosen mulai melakukan perjalanan dengan menggunakan 1 unit Bis berangkat pada pukul 14.00 WIB. Dalam perjalanan panjang yang menelurusi jalan-jalan di daerah Trenggalek. Camping kali ini berobjek di daerah pasir putih Pantai Prigi Trenggalek.

Suasana Keakraban Mahasiswa dan Dosen SAA

Setelah berjalan sekitar 3 jam lebih 30 menit Bis akhirnya berhenti ketika sudah memasuki daerah perpantaian Pasir Putih. Para mahasiswa sibuk untuk menyiapkan segala kebutuhan dimalam hari, dimulai dari: Kayu bakar, alat memasak, dan juga tenda secukupnya.

Rentetan acara pun dimulai ketika selesai sholat maghrib dengan istighosah yang dipimpin oleh Ust. Abdullah Muslich Rizal Maulana, M.A dan dilanjutkan dengan acara malam keakraban yang dipenuhi dengan penampilan, ditampilkan oleh setiap semester bahkan dosen sekalipun. Hal yang tidak boleh ketinggalan adalah kajian shubuh yang diisi oleh para dosen secara bergiliran. Setelah semua rentetan acara selesai baru mahasiswa dibebaskan untuk menggunakan waktunya untuk bersahabat dengan alam sekitarnya.

Istigashah Bersama Dipimpin Ust Abdullah Muslich Rizal Maulana

Dengan acara ini para mahasiswa diajarkan untuk bisa berinteraksi dengan alam yang merupakan ciptaan Allah S.W.T. bukan hanya sekedar bersenang-senang, maka dari itu rentetan acara dimulai dengan pengajian, dan diakhiri dengan kajian. Tujuan dalam acara ini agar mahasiswa bisa mengungkapkan rasa syukur kepada Allah S.W.T.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *