Mistik dan Makrifat Nabi Khidir

mistik-dan-makrifat-nabi-khidir-as

Judul Buku: Mistik dan Makrifat Nabi Khidir A.S. Menyikap Rahasia Tersembunyi Nabi Misterius

Penulis: Heri Kurniawan Tajdid

Penerbit: Araska Publisher

Tahun: 2019

Nabi Khidir ‘alayhi salaam adalah sosok seorang Nabi yang dikenal karena kesalehan ilmu dan makrifatnya. Pertemuan singkatnya dengan Nabi Musa ‘alayhi salaam membuat banyak orang bertanya-tanya tentang asal-usul, perjalanan hidup, mistik dan makrifat yang ada pada diri Nabi Khidir; mulai dari siapa orang tuanya, kapan dilahirkan, atau pun kapan beliau wafat. Tidak ada data pasti yang mampu memberikan jawabannya. Al-Qur’an sebagai referensi utama pun hanya dapat memberikan sedikit informasi tentang adanya beliau di dunia ini. Maka, dalam buku Mistik dan Makrifat Nabi Khidir ini, penulis menggabungan dalil-dalil data Al-Qur’an dan juga pendapat para ulama Sufi.

Buku ini mengulas banyak sekali tentang Nabi Khidir, mulai dari bagaimana sosok beliau dalam Al-Qur’an yang merupakan sumber referensi utama umat Islam, juga perjalanan hidup, aksi penyamaran dan kontroversi keberadaannya. Membuat orang-orang awam ingin bertemu dan belajar banyak hal dengannya.

Dibalik sosoknya yang misterius, buku ini juga membahas ilmu yang dimiliki oleh Nabi Khidir, mencakup Mistis, makrifat, dan ilmu hakikat Beliau. Ilmu-ilmu ini hanya diperuntukkan oleh orang-orang tertentu saja yang dikehendaki Allah azza wa jalla Ta’ala unutk menguasainya melalui proses berat dan dengan persyaratan tertentu dimiliki oleh Nabi Khidir as.

Dari buku ini tersingkap, bahwa bukan hanya Nabi Musa ‘alayhi salaam saja yang pernah bertemu dengan beliau, ternyata ketika Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam wafat, Nabi Khidir pun hadir untuk bertakziah dan menenangkan hati para sahabat yang sedih dengan kematian Rasulullah SAW (buku hal. 220). Dalam buku ini pula, penulis menyampaikan pengalaman pertemuan Nabi Khidir dengan beberapa ulama ahli tasawuf, sekaligus kemungkinan-kemungkinan yang membahas tentang keberadaan Nabi Khidir ditengah masyarakat dunia saat ini.

Buku ini menjawab segenap rasa penasaran sebagian orang apa-apa tentang Nabi Khidir secara lengkap, dan berbeda. Nabi Khidir yang kontroversial secara sejarah, berbeda dengan Nabi-Nabi lain dapat dikupas tidak hanya berdasarkan Al-Qur’an saja namun juga dari berbagai sirah-sirah ulama tasawuf sufi lainnya yang dapat dijadikan bukti akurat tentang keberadaan dan asal-usulnya. Argumentasi yang tersedia pun berasal dari al-Qur’an dan Hadits. Bahasa yang disampaikan pun mudah untuk dipahami oleh pembaca awam karena alur historis yang runut, serta dijelaskan perbedaan pandangan-pandangan Tokoh dalam mengungkap data. Meskipun di beberapa bagian buku, terdapat kisah yang cukup banyak diulang, pun termasuk sejumlah keraguan dalam menyampaikan fakta. (Nur Afifah Maharani Al-Fatihah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *