Pelatihan dan Review Website Repository UNIDA Gontor

repository studi agama-agama unida gontor

Pelatihan dan Review Website Repository UNIDA Gontor

Gontor – Guna meningkatkan kualitas publikasi skripsi dan tesis sivitas akademika Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, Tim Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi PPTIK UNIDA Gontor bersama Pengurus Perpustakaan UNIDA Gontor menggelar Pelatihan dan Review Website Repository di Hall Multimedia, Gedung Terpadu lantai 3, Kamis, (29/08). Al-Ustadz Faisal Reza Pradhana, S.Kom., M.Kom dan Oddy Virgantara Putra, S.Kom., M.T. Mewakili tim PPTIK, dan al-Ustadz Daud Sukoco, M.E. mewakili Perpustakaan UNIDA Gontor.

Acara yang mengundang penanggung jawab repository masing-masing Prodi di UNIDA Gontor ini diawali dengan wejangan oleh Wakil Rektor III UNIDA Gontor, al-Ustadz Dr. Abdul Hafidz Zaid. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan amanah dari Bapak Wakil Rektor I terkait kewajiban pengunggahan skripsi dan tesis di UNIDA Gontor sangat penting dilaksanakan sebagai dokumentasi yang paperless. Dr. Hafidz juga menekankan tantangan terbesar repository Unida adalah karena setiap skripsi dan karya ilmiah dosen harus ditulis dengan berbahasa arab dan inggris. Artinya, pihak Universitas harus terlebih dahulu memastikan kualitas bahasa karya tulis yang diunggah adalah karya tulis dengan kualitas bahasa yang baik.

repository studi agama-agama unida gontor contoh
Digital – Contoh skripsi Prodi Studi Agama-Agama yang sudah di-upload di website repository UNIDA Gontor

Baca Juga: Pelatihan Coding Mum bersama Kolla dan Bekraf

Hal ini dikarenakan karya-karya tersebut kemudian akan mampu dibaca oleh orang-orang di seluruh dunia secara online. “Meskipun prodi umum di UNIDA masih diizinkan oleh Bapak Rektor untuk menulis dengan bahasa indonesia, tidak senantiasa kemudian pekerjaan kita menjadi mudah.” Demikian Doktor bidang Bahasa Arab ini menyampaikan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pelatihan dan review website repository bersama Tim PPTIK UNIDA Gontor dan Perpustakaan. Para Dosen dan Staff Prodi hadirin menyimak pemaparan dan praktik langsung bersama Ustadz Oddy. Di antara yang menjadi catatan Prodi SAA adalah kualifikasi subjek keilmuan yang belum mampu menyeluruh di cabang-cabang keilmuan prodi. Misalnya, Repository belum mencantumkan subjek Antropologi Agama, Sosiologi Agama, Hubungan antar Agama, Pemikiran Kristen di Dunia Modern, dan topik-topik diskusi SAA lainnya di repository. Begitupun dengan subjek-subjek keilmuan yang ada di prodi lain yang bisa jadi belum ter-cover oleh repository. Ditargetkan, repository UNIDA akan bisa aktif sebagai sentral penyimpanan file skripsi dan tesis sivitas akademika UNIDA Gontor semenjak keluaran lulusan tahun ajaran ini. (Rizal Maulana)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *