Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal UNIDA Gontor

penjamin-mutu-internal-saa-studi-agama-agama-unida-gontor

Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal UNIDA Gontor

Gontor- Ahad (13/10) Dalam rangka meningkatkan persiapan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, Badan Penjamin Mutu (BPM) UNIDA Gontor mengadakan Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Audit Mutu Internal (AMI). Dalam hal ini, pihak Universitas mendatangkan pakar SPMI dan AMI dari Tim Kantor Jaminan Mutu (KJM) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof. Dr. Eko Hanudin.

Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal ini tentunya sangat membantu untuk pelaksanaan akreditasi Prodi maupun Universitas ke depannya. Terutama karena saat ini, proses AIPT telah menggunakan 9 kriteria/ 9 standar berbasiskan Outcome Based Education (OBE). Sementara beberapa waktu lalu, AIPT hanya berlandaskan 7 kriteria saja. Pelatihan Sistem Penjamin Mutu ini dilaksanakan selama 4 hari secara berturut-turut, yaitu mulai dari hari Ahad hingga Rabu, 13-16 Oktober 2019.

Terkait Sistem Penjamin Mutu, Lihat Juga Strategi Persiapan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi

Pelatihan Sistem Penjamin Mutu Internal ini dipimpin oleh Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM) UNIDA Gontor, al-Ustadz Dr. Mohammad Muslih, M.A. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan bahwa salah satu pertimbangan dalam melaksanakan acara ini adalah karena UNIDA Gontor, guna mencapai nilai akreditasi yang baik perlu memiliki Auditor internal di masing-masing sektor dan bagian. “Maka acara ini sangat penting sekali khususnya untuk pengembangan mutu yang ada di UNIDA Gontor kedepannya.” Demikian Peneliti dalam Bidang Filsafat Ilmu ini menyampaikan.

Rektor UNIDA Gontor, Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. juga turut hadir dan membuka secara resmi Pelatihan Sistem Penjamin Mutu Internal ini. Kehadiran beliau tentunya memberikan motivasi tersendiri terhadap seluruh peserta pelatihan. Adapun jumlah peserta tercatat adalah 35 orang peserta yang merupakan Kepala Program Studi (Kaprodi) dan Sekretaris Prodi yang ada di UNIDA Gontor.

Guru Besar bidang Akidah dan Filsafat Islam menyampaikan harapan yang tinggi kepada para peserta Pelatihan Sistem Penjamin Mutu. “Harapannya semoga setelah pelatihan ini, UNIDA Gontor mampu memiliki Auditor Internal sendiri yang berkualitas, sehingga Akreditasi di UNIDA Gontor mampu mendapatkan nilai yang terbaik dan memuaskan.(Kharis Majid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *