Pembekalan Studi Pengayaan Lapangan (SPL) UNIDA Kampus 5 Kandangan

SPL KANDANGAN

Pembekalan Studi Pengayaan Lapangan (SPL) UNIDA Kampus 5 Kandangan

Kandangan – Rabu (20/08/2019),  Program Studi (Prodi) Studi Agama-Agama (SAA) Fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor menyelenggarakan Pembekalan Studi Pengayaan Lapangan (SPL). Acara ini dilaksanakan di UNIDA Kampus 5, Kandangan, Kediri.

Hadir dalam acara tersebut, Dekan Fakultas Ushuluddin, al-Ustadz Syamsyul Hadi Untung, M.A., M.Ls beserta Kaprodi SAA al-Ustadz Asep Awaludin, M.Ag., dan Koordinator BAAK Kampus 5 Kandangan, al-Ust Kholid Karomi, M.Si. Dalam sambutannya, al-Ustadz Kholid Karomi menekankan pentingnya pengarahan sebagai salah satu sunnah Pondok Modern Darussalam Gontor yang tidak boleh dilewatkan. Dalam ajarannya, Pondok Modern Gontor menerapkan pola pendidikan ‘Ping Sewu’ berdasarkan al-Qur’an. “Maka seyogyanya semua lemen mengikuti agenda ini dengan sebaik-baiknya. Bapak Dekan dan Bapak Kaprodi SAA telah menyempatkan diri dengan menyedekahkan waktu, tenaga, pikiran, dan bahkan hartanya demi terlaksananya pola pendidikan Qur’aniy ini.” Tegas Calon Doktoral bidang Akidah dan Filsafat Islam ini.

Bapak Dekan Fakultas Ushuluddin, al-Ustadz Syamsyul Hadi Untung pun menyampaikan, bahwa momen pengarahan SPL ini adalah momentum yang sangat mahal dan berharga. Momen itu harus diartikan sebagai saat dimulainya tugas dan tanggung jawab semua pihak tidak hanya dalam mengantarkan secara formal mahasiswa sebagai insan yang berilmu dan berakhlak mulia. Namun juga sebagai pribadi yang siap meniti profesi dan karir dengan andalan ilmu sesuai dengan bidang keahlian. Jadikanlah kegiatan perkuliahan ini sebagai momentum untuk berusaha dan bekerja lebih keras lagi demi keberhasilan yang akan datang.” Demikian nasehat dari alumnus Intenational Islamic University Islamabad ini.

Lihat Juga: Melacak Jejak Yahudi bersama Menachem Ali

Bapak Dekan juga memberikan wejangan terkait bahwa agenda SPL ini adalah agenda rihlah ‘ilmiyyah. Dan oleh karenanya adalah kesempatan untuk mendoakan semua yang telah berjasa kepada para mahasiswi. Khususnya orang tua, terlebih ibu. “Karena sejatinya keberhasilan kalian juga berkat jerih payah dan perjuangan keluarga. Saya berharap agar kalian senaitasa menghargai jasa-jasa itu. Insya Allah keberhasilan yang penuh berkah akan kalian dapatkan jika kalian senantiasa menghargai jasa-jasa keluarga yang telah memberikan bantuan dan dukungan moral demi keberhasilan kalian.”

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengarahan teknis penulisan laporan kegiatan oleh Bapak Kaprodi, al-Ustadz Asep Awaludin, M.Ag. Laporan kegiatan diharapkan mampu ditulis sebernas mungkin dan memiliki kapabilitas sebagai bagian dari aplikasi penelitian.

SPL dengan tujuan kota Manado, Sulawesi Utara ini akan melibatkan sejumlah objek lintas agama mulai dari Sinagog Beth Hasyheem Tondano, Katedral Katolik Sario, Gereja Advent Pal II, Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Utara, dan Balai Kerajaan Saksi-Saki Jehova.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *