Pengabdian Sarjanawan SAA di Islamic Centre Nganjuk

 

 

Arifin Hanafi, S.Ag, (Paling kanan) beserta santri TPA Islamic Centre Nganjuk peserta Manasik Haji

Nganjuk-Universitas Darussalam Gontor berkomitmen untuk melayani dan mengembangkan kehidupan sosial dalam rangka menegakkan sendi-sendi pengabdian masyarakat sebagai salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Adapun lembaga-lembaga yang dibangun guna mendukung kegiatan tersebut adalah Islamic centre Nganjuk, Islamic centre Slahung, MTA dan lain sebagainya yang kesemuanya berlindung di bawah Yayasan Pondok Modern Darussalam Gontor. .

Adapun  Islamic Centre Gontor Nganjuk, terletak di pusat kota Nganjuk. Islamic Centre Nganjuk tidak hanya menjadi lahan pengabdian masyarakat Universitas Darussalam Gontor namun juga diharapkan dapat menjadi pusat pembelajaran islam masyarakat kota Nganjuk. Berbagai kegiatan dilaksanakan seperti kajian Rutin Ahad Pagi, pelatihan-pelatihan, dan juga taman pendidikan al-qur’an dalam penenaman pengetahuan islami sejak dini. Kesemuanya ini diatur salah satunya oleh sarjanawan prodi Studi Agama-Agama, Arifin Hanafi, S.Ag. Menurut Arifin, Posisi beradanya Islamic Centre Nganjuk sangat penting dan dibutuhkan komunitas kota Nganjuk.

 

Suasana Mengaji di TPA Islamic Centre Nganjuk

“Taman pendidikan al-Quran Islamic Centre Gontor Nganjuk selain mengajarkan baca tulis al-Qur’an juga menanamkan akhlaqul karimah pada para santrinya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, disertai dengan pelajaran lain yang diajarkan seperti Doa harian, khot, hafalan juz Amma, Fiqih, serta untuk lanjutan ditambahkan pelajaran Tajwid, dan Imla’. Diharapkan Islamic Centre ini mampu menjadi benteng kehidupan serta mampu menjawab tantangan zaman dan masih banyak lagi kekurangan yang harus ditingkatkan.” Begitu Arifin menjelaskan.

Dalam menjalaskan tugasnya, Arifin tidak sendirian. Dia bersama Rizky Rifansyah, S.Pd, dan Shofi Rahmawati, S.I.Kom yang keduanya adalah alumni Pondok Modern Gontor tahun 2012. Mereka bekerja sama dalam mengemban amanah dari Yayasan Pondok Modern Gontor dalam mengelola Islamic Centre Nganjuk. Pada tanggal 3 Maret lalu, baru saja diadakan latihan manasik haji untuk anak-anak. Sementara tiap minggunya pun diadakan pengajian ahad pagi yang mendatangkan sejumlah pembicara kompeten seperti  Al ustadz Abu Islah, Al Ustadz Oky Rahmatullah, Al Ustadz Thohir Luth dan lain sebagainya. (Arifin Hanafi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *