PENGAJIAN AKBAR SEBAGAI SINERGI MAHASISWA DENGAN MASYARAKAT

jamaah pengajian akbar kkn unida gontor

NGAWI- (Jum’at, 3/5) Kegiatan Mahasiswi Universitas Darussalam Gontor terus berlanjut tidak hanya di dalam kampus namun juga di masyarakat.  Salah satunya adalah dengan berkontribusi dalam suksesnya Pengajian Akbar Masjid At-Taqwa Jagir, Taman Bayem, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi. Pengajian Akbar yang turut melibatkan Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Ngawi itu dibungkus dalam aktivitas KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang telah berlangsung semenjak minggu lalu. Acara berlangsung khidmat dan hangat. Dimulai dengan gemuruh Tim Rebana UNIDA Gontor dan dilanjutkan dengan sambutan dan ceramah. Pengajian Akbar ini menjadi simbol sinergi Mahasiswa UNIDA Gontor dengan Masyarakat.

SYAHDU- Penampilan Rebana dari Mahasiswi Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNIDA Gontor
SYAHDU- Penampilan Rebana dari Mahasiswi Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNIDA Gontor

Dalam sambutannya, Ketua Tabligh Akbar juga Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Bapak Kamto mengucapkan syukur dan terima kasih atas pengabdian yang dilakukan Mahasiswi Gontor. Terutama atas terlaksananya Pengajian Akbar ini. Ada beragam kegiatan yang tercatat akan ditindaklanjuti pasca Pengajian Akbar ini. Misalnya, Safari Ramadhan ke Pondok Modern Gontor bersama anak yatim. Kedua, bedah rumah untuk keluarga tidak mampu. Ketiga,  pemberian sedekah untuk imam masjid.

Menanggapi itu, Bapak Muhaiyani selaku Ketu Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Ngawi  yang turut hadir dalam Pengajian Akbar berharap agar warga Kecamatan Sine dapat melaksanakan puasa di Bulan Ramadhan dengan penuh kesungguhan. Meskipun terdapat banyak ormas keislaman di Kecamatan Sine, namun tetap saja kita adalah saudara yang satu dalam satu ikatan Islam. “Mari kita juga saling muhasabah diri dengan selalu mengingat tentang kematian.” Begitu pesan Beliau. Sekretariat Kecamatan Sine, Bapak Hery pun menyampaikan terima kasih  atas segala dukungan dan kerja sama demi suksesnya Pengajian Akbar. Bapak Hery juga memberitakan sedikit informasi terkiat tentang akan dilaksanakannya pemilihan kepala Desa Taman Bayem.

Baca Juga: Menyelidiki Konstruksi Agama di Indonesia 

PENGAJIAN AKBAR DAN EVALUASI NIAT

SEMANGAT- Dosen Senior Fakultas Ushuluddin, sekaligus Pengasuh UNIDA Putri, menyampaikan tausiyah di depan jama'ah.
SEMANGAT- Dosen Senior Fakultas Ushuluddin, sekaligus Pengasuh UNIDA Putri, menyampaikan tausiyah di depan jama’ah.

Pengasuh Unida Kampus Mantingan sekaligus Dosen Senior Fakultas Ushuluddin Al-Ustadz Nur Hadi Ihsan, Ph.D membalas ucapan terima kasih atas segala sambutan yang ada, khususnya pada seluruh hadirin yang dapat meluangkan waktunya untuk dapat hadir di Pengajian Akbar pada malam ini. Mengingat dengan dekatnya bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan datang, maka beliau menghimbau kepada seluruh hadirin untuk memperbaiki  (mengevaluasi) niat sebelum menghadapi bulan puasa. “Mohon juga untuk selalu berbuat baik dan meninggalkan keburukan, karena sejatinya manusia yang haqiqi adalah mereka yang selalu berbuat kebaikan dan mengingatkan untuk menjauhi keburukan.”  Begitu pesan al-Ustadz Nur Hadi Ihsan.

Sebagai penutup, beliau juga menyampaikan agar seluruh hadirin tidak lepas dari yang namanya pendekatan diri kepada sang Ilahi Rabbi. Hal ini didasarkan kedekatan hamba kepada rabbnya adalah wujud kesadaran hamba akan hadirnya sang rabb di setiap waktunya. Marhaban Ya Ramaadhan. Ramadhan Mubaarak. (Alif Nur Fitriyani)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *