Pengajian Rutin Pekerja Pondok Modern Gontor Putri I

pengajian-rutin-pekerja-gontor-putri-SAA-unida- Gontor

Pengajian Rutin Pekerja Pondok Modern Gontor Putri I

Mantingan-Rabu (25/9) pada pukul 18.00, anggota pekerja Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 melaksanakan pengajian rutin di gedung Koperasi Dapur Lantai 3. Acara yang dilaksanakan setiap 2 minggu sekali ini dihadiri oleh pekerja dalam pondok maupun pekerja Wisma La Tansa. Pekerja yang datang berkisar hingga 70 orang. Tidak hanya pekerja yang mendatangi acara ini, namun juga para anggota bagian Koperasi Dapur santriwati, staff, dan Ustadzah Pembimbing Bagian Koperasi Dapur.

            Pengajian tersebut diselenggarakan oleh Bagian Koperasi Dapur santriwati dan dibawah tanggungjawab Staf Pembangunan dan Pemeliharaan Pondok. Ustadz Surnyoto, Guru Senior Pondok Modern Gontor yang bertugas membimbing staf Pembangunan menjadi penceramah dalam acara tersebut.

Adapun isi pengajian ini ialah terkait ‘Ubudiyyah para pekerja di setiap harinya dan ditutup dengan tanya jawab, sehingga para pekerja memiliki kesempatan untuk memahami lebih lanjut atau mengutarakan pendapat. Pengajian ini diselenggarakan untuk meningkatkan aktivitas ‘ubudiyyah para pekerja di setiap harinya. Hal ini, tentu saja karena Gontor menginginkan para pekerjanya tetap berpegang teguh kepada ajaran Islam, sehingga meningkatkan suasana keberkahan di dalam setiap aktivitas pondok.

            Para pekerja datang ketika pukul 18.00, kemudian acara ini dibuka oleh Ustadz Surnyoto. Menurut Ustadz Surnyoto, pengajian ini tidak hanya kewajiban namun juga pembuktian loyalitas pekerja pondok. Sehingga, diasumsikan pekerja yang tidak menghadiri acara ini, artinya tidak siap untuk melanjutkan bekerja mengabdi di pondok ini.Setelah diisi dengan ceramah ubudiyyah dari penceramah, acara ditutup dengan sholat isya’ berjamaah. Adzan dan iqomah sholat isya’ dikumandangkan oleh pekerja pondok yang hadir. Pengajian ini juga membiasakan muadzin dipilih dari para pekerja secara bergilir. Sistem seperti ini dimaksudkan untuk menguji dan membiasakan para pekerja agar siap untuk mengumandangkan adzan ditempat manapun.

            Pengajian ini akhirnya berjalan lancar sesuai dengan prosedur yang telah disiapkan. Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini, keberkahan Pondok akan terus dan senantiasa bertambah. . ‘Ozon Keberkahan’ ini, jadinya tidak hanya bersumber dari Santri dan Kiyai Pondok Modern Gontor, namun juga berasal dari masyarakat yang hidup dan mengabdi di sekitar wilayah Pondok. (Khoirunnisa Nurul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *