Pengarahan dan Pembagian Tugas Ujian Tengah Semester (UTS) Gasal 1441/2020

pengarahan UTS

Pengarahan dan Pembagian Tugas Ujian Tengah Semester (UTS) Gasal 1441/2020

Gontor –  Rabu Pagi, 14 Agustus 2019, seluruh Dosen UNIDA Gontor dan Tenaga Kependidikan menghadiri undangan rapat Pengarahan dan Pembagian Tugas Ujian Tengah Semester (UTS) Gasal tahun ajaran 1441/2020. Acara yang dilaksanakan di Hall Centre for Islamic and Occidental Studies (CIOS) ini dimulai pada pukul 09.00 WIB dan diawali dengan absensi presensi kehadiran para Dosen dan Tenaga Kependidikan UNIDA di Gontor.

Hadir dalam acara ini, Rektor UNIDA Gontor Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A., Wakil Rektor II  Dr. Setiawan bin Lahuri, M.A, dan Wakil Rektor III Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A. Dalam sambutannya bapak rektor bersyukur karena semua acara berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah semua rentetan acara Khutbatul’Arsy berjalan lancar dan langsung disusul dengan kegiatan UTS ini dan memang beginilah ciri khas Gontor bahwa istirahat kita adalah dalam pergantian kegiatan kita, kalau dalam bahasa sekarang disebut dinamika.”  Begitu Guru Besar bidang Akidah dan Filsafat Islam ini menyampaikan.

SERIUS- Suasana Pengarahan Ujian Tengah Semester Gasal 1440/2020 Dosen dan Tenaga Kependidikan UNIDA Gontor.
SERIUS- Suasana Pengarahan Ujian Tengah Semester Gasal 1440/2020 Dosen dan Tenaga Kependidikan UNIDA Gontor.

Di antara masifnya kegiatan di UNIDA adalah rencana kunjungan dari Prof. Dr. Martin van Bruinessen dan Prof. Dr. Karel Steenbrink dari Universiteit Utrecht. Dua Ahli Indonesian Studies ini akan mengisi kuliah umum bersama dosen dan mahasiswa pascasarjana di hari Jum’at dan Sabtu, 15-16/08/2019. Minggu selanjutnya, tepatnya di tanggal 26 Agustus 2019, UNIDA akan menyambut kunjungan dari Duta Besar Britania Raya untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins. Kunjungan beliau terlaksana dalam rangka acara English for Gontor  sekaligus membuka ToT (Training for Trainer) Untuk Dosen UNIDA dan Guru KMI Gontor yang diadakan berdasarkan kerjasama UNIDA Gontor dengan Kedutaan Besar Britania Raya dan British Council.  Berita rencana kunjungan ini disampaikan oleh Wakil Rektor III UNIDA Gontor, Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A.

Baca Juga: Studi Akademik sebagai Continous Learning University

Dr. Abdul Hafidz Zaid juga menekankan prestasi tim Akreditas Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang sudah sukses mengupload dokumen borang. Suksesnya proses uploading borang ini akan dilanjutnya dengan dibentuknya tim pencari dokumentasi. Seminar OBE (Outcome Based Education), dalam catatan beliau juga menjadi pertimbangan penting sebagai basis dalam mencapai akreditasi. Dr. Hafidz juga menyampaikan hasil rapat Rektor di Surabaya akan masih sangat minimnya jumlah pendaftar di beasiswa MORA. Dosen UNIDA Gontor, sangat diharapkan mampu melanjutkan studi doktoralnya terutama melalui beasiswa MORA.

Sementara itu, Wakil Rektor II, Dr. Setiawan bin Lahuri, M.A. menyampaikan dalam pengarahan ini bahwa pelaksanaan UTS adalah kesempatan untuk lebih mengenal mahasiswa lebih dekat. “Oleh karena itulah, Bapak dan Ibu dosen mohon ikut terlibat dalam proses pendidikan Penunjang Akademik.” Begitu wejangan pemegang gelar doktoral bidang ekonomi Islam ini.

Bapak Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan (BAAK), Royyan Ramdhani Djayusman, M.A., memberikan evaluasi dan motivasi akan pelaksanaan UTS. Menurut beliau. UTS kali ini adalah UTS yang sangat baik karena akan terlaksana dalam rangka memperingati kemerdekaan RI ke 74.  Oleh karenanya, semestinya seluruh civitas akademika UNIDA Gontor mampu melaksanakan UTS tahun ini dengan penuh semangat. (Nurrosyid Huda Setiawan – Tonny Ilham Prayogo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *