Pengarahan Pengawas UAS UNIDA Gontor

Pengarahan Pengawas UAS UNIDA Gontor

Gontor- Sabtu (26/10), Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor melaksanakan rapat pengarahan pengawas UAS (Ujian Akhir Semester) tahun ajaran 2019/1441. Acara yang dilaksanakan di Hall Centre for Islamic and Occidental Studies (CIOS) ini dihadiri oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan UNIDA Gontor. UAS, akan dimulai selama satu minggu dari mulai tanggal 30 Oktober hingga 6 November 2019.

Dalam sambutannya, Al-Ustadz Samsirin, S.Pd.I., M.Pd.I dari Biro Akademik Kemahasiswaan (BAAK) menekankan betapa agenda ini sangatlah penting. “Acara pengarahan pengawas UAS ini sakral dan wajib bagi seluruh dosen dan tenaga pendidikan demi membangkitkan semangat para calon pengawas.” Demikian beliau menyampaikan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Warek II UNIDA Gontor, al-Ustadz Dr. Setiawan Lahuri. Beliau menjelaskan elemen ashaalah dan mu’aasharah sebagai bagian dari pendidikan di Pondok Modern Gontor. Ashaalah mencakup nilai-nilai, jiwa, dan struktur Pondok Modern Gontor. Sementara Mu’aasharah berbentuk adaptasi terhadap perkembangan zaman. “Keduanya itu dipresentasikan dalam slogan yang secara umum digunakan di dunia pesantren.” Demikian Doktor bidang Ekonomi Syariah ini menjelaskan.

Warek III UNIDA Gontor, Dr. Abdul Hafidz Zaid memulai wejangannya dengan memperkenalkan kalimat wamal mar’u hadiitsun ba’dahu. Artinya, setiap manusia pasti akan menjadi perbincangan bagi masyarakat sepeninggal mereka. “Fakun haditsan hasanan liman wa’a. Maka sebisa mungkin, kita bisa menjadi perbincangan yang baik bagi siapapun.” Jelas Dr. Hafidz.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengarahan dan pembagian tugas dari Panitia Ujian Akhir Semester. (Rizal Maulana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *