Refreshment Fungsionaris Fakultas Ushuluddin bersama Dr. Adib Fuadi Nuriz

Adib Fuadi Nuriz

Muhammad Adib Fuad Nuriz. Dosen Senior Prodi Studi Agama-Agama, mengadakan refreshment dengan Dosen Fungsionaris Fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor. Refreshment dalam bentuk rapat sederhana itu dilaksanakan pada Sabtu pagi (22/06/2019) di Kantor Fakultas Ushuluddin. Sarjanawan yang baru saja menyelesaikan Ph.D.-nya di National University of Malaysia  itu memberikan wejangan terkait kerapian manajerial Fakultas dan Program Studi.  Di antara refreshment fungsionaris itu adalah perubahan tata letak kantor, evaluasi manajerial, koordinasi bimbingan skripsi, dan lain sebagainya.

Menurut Doktor UNIDA ke-25 ini, optimalisasi kegiatan kampus penting agar mahasiswa lebih betah di asrama. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan  dengan koordinasi HMP (Himpunan Mahasiswa Prodi) dan SMF (Senat Mahasiswa Fakultas). Agar lebih maksimal, baik HMP maupun Senat diharapkan senantiasa beraktivitas di bawah bimbingan Dosen Ahli. Diharapkan dengan itu, mahasiswa Fakultas Ushuluddin, khususnya Prodi Studi Agama-Agama akan lebih mampu tertarik untuk berkegiatan di kampus.

“Kalau kegiatan tidak banyak, maka mahasiswa akan lebih sering keluar kampus. Tentu saja, hal itu tidak kita harapkan karena tidak sesuai dengan sistem dan keunikan UNIDA Gontor sebagai kampus Pesantren.” Tegas  penulis disertasi berbahasa Melayu dengan judul: Perkembangan Pluralisme Agama di Institusi Pengajian Tinggi Islam di Indonesia: Kajian Kes di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini. Sistem asrama/pesantren sesungguhnya mampu menjadikan kualitas mahasiswa UNIDA Gontor baik dan maksimal. Tidak hanya itu, integritas Tri Dharma Perguruan Tinggi pun jadi mampu berjalan dengan baik berasaskan paradigma kepesantrenan.

Baca Juga: Studi Akademik (SA) sebagai Aplikasi Countinous Learning University

Refreshment ditutup pukul 11.00 dengan perencanaan Orientasi Fakultas dan Program Studi di minggu mendatang. Acara ini akan melibatkan seluruh jajaran fungsionaris fakultas Ushuluddin dalam mengenalkan Visi, Misi, Renstra dan Tujuan Fakultas dan Program Studi.  Orientasi Fakultas dan Program Studi ini juga akan mengonsepsikan SMF dan HMP sekaligus dengan penyuluhan terkait PILMAPRES (Pemiihan Mahasiswa Berprestasi). Orientasi Fakultas dan Program Studi di Kampus Putri Mantingan akan dilaksanakan di hari Jum’at, 28 Juni 2019.  Adapun Orientasi untuk Kampus Kediri dan Kandangan akan dilaksanakan pada hari Senin,  1 Juli 2019.  Kampus Pusat Siman dan Rabithah akan menyusul kemudian mengikuti jadwal akademik yang telah diumumkan. (RM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *