Seminar Motivasi Beasiswa dan Workshop Statement of Purpose

lpdp-saa-seminar-motivasi-beasiswa-unida-gontor

Seminar Motivasi Beasiswa dan Workshop Statement of Purpose

Jum’at (13/9), Dewan Mahasiswa (DEMA) Mahasiswi UNIDA Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3, Karangbanyu, Widodaren, Ngawi mengadakan Seminar Motivasi Beasiswa Luar Negeri dan Workshop of Statement of Purpose. Acara yang dilaksanakan di Mini Hall Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 itu mengundang al-Ustadz Abdullah Muslich Rizal Maulana, MA (@alparslan684) sebagai pembicara.

Al-Ustadz Rizal adalah Dosen Prodi Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor yang menyelesaikan MA (Master of Arts)nya di Vrije Universiteit, Amsterdam, Netherlands dengan beasiswa LPDP Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Selain itu, beliau juga merupakan awardee dari beasiswa VUFP (Vrije Universiteit Fellowship Program) yang diberikan hanya kepada 50 orang di dunia. “Saya adalah satu dari dua orang di Indonesia yang dianugerahi beasiswa itu.” Demikian beliau menjelaskan.

Dosen yang juga menjabat sebagai Koordinator IELTS Pusat Bahasa UNIDA Gontor ini pertama menyampaikan apa-apa yang penting dari niat belajar ke luar negeri, terutama, terkait dengan dukungan penuh Bapak Kiyai atas seluruh santri Gontor. Menurut beliau, seluruh santri Gontor memiliki kemampuan yang sama dalam menuntut ilmu setinggi-tingginya melalui jalur beasiswa. Hanya saja, banyak di antara alumni Gontor yang tidak bisa menggunakan ‘kunci’ yaitu kemampuan bahasa Arab dan Inggris dengan baik ketika sudah lulus dari Gontor. “Maka pesan Kiyail-Hajj Hasan Abdullah Sahal, Alumni Gontor punya kunci tapi ndak mau buka lemari. Saya yakin kalian bisa.” Ini artinya, bahasa adalah kunci paling penting dalam perburuan beasiswa. IELTS dan TOEFL adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi.

Al-Ustadz Abdullah Muslich Rizal Maulana, MA.

Motivasi Beasiswa-Beasiswa Luar Negeri

Al-Ustadz Rizal juga kemudian menyampaikan sejumlah sumber beasiswa yang bisa dipakai untuk melanjutkan studi. Di antaranya adalah yang bersumber dari dalam negeri seperti LPDP, MORA, KEMENRISTEKDIKTI, dan KEMENDIKBUD. Ada pula beasiswa yang bersumber dari negara masing-masing seperti Chevening (Inggris), Fullbright (Amerika Serikat), Australian Awards Scholarships, dan beasiswa dari negara masing-masing.

Alumni Gontor 2010 ini juga berharap di antara mahasiswi Gontor Putri 3 ada yang bisa mendapatkan kesempatan untuk exchange di luar negeri selama menjalani program SI di UNIDA. Kesempatan itu, ternyata sangat banyak sekali dan rata-rata dapat dilakukan dengan gratis atau berbeasiswa pula dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan-kegiatan yang bersifat ekstrakurikuler inilah yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kapasitas mahasiswi UNIDA Gontor agar nanti lebih mampu bertarung dalam mencari beasiswa studi lanjut.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pelatihan penulisan statement of purpose sebagai sebuah syarat yang sangat penting dalam pendaftaran kampus dan pengajuan beasiswa. (Redaktur)

Website Penting untuk Statement of Purpose

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *