Strategi menuju Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT)

AIPT RAPAT

Strategi menuju Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT)

Gontor – usai melaksanakan submit online borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) pada 5 Agustus 2019, lalu, tim AIPT bersama Wakil Rektor (Warek) 2 dan 3 UNIDA Gontor mengadakan perkumpulan pada 18 Agustus 2019 di Ruang Rapat Senat UNIDA Gontor guna mempersiapkan dokumen dan bukti fisik yang dibutuhkan. Rapat tertutup ini dipimpin oleh al-Ustadz Dr. Jarman Arroisi selaku ketua tim penghimpun bukti fisik dan dihadiri oleh segenap Kepala Unit, Biro, dan Program Studi (Prodi)  UNIDA Gontor.

Di dalam sambutannya, al-Ustadz Dr Setiawan bin Lahuri, Warek II UNIDA Gontor menyampaikan bahwa akreditas institusi adalah tanggung jawab bersama. “Oleh karena itulah, semua pihak agar diharapkan terlibat dalam mensukseskan akreditasi institusi kita.” Begitu beliau menyampaikan.

Dalam hal administrasi, Warek III UNIDA Gontor, al-Ustadz Dr. Abdul Hafidz Zaid menekankan pentingnya kesehatan administrasi. Demi mencapai itu, baik sekali jikalau tiap unit dan program studi saling belajar satu sama lain. “Prodi K3 merupakan prodi yang paling sehat administrasinya, maka perlu ditiru.” Kata Direktur Pusat Bahasa UNIDA Gontor ini.

al-Ustadz Taufiqurrahman, S.Pd., M.T, selaku staff BPM (Badan Penjamin Mutu) UNIDA Gontor kemudian melanjutkan diskusi bukti fisik akreditasi dalam rapat. Berikut sejumlah item  bukti fisik yang harus disiapkan guna visitasi AIPT.

  1.  Bukti penyusunan VTMS dan keterlibatan stakeholder.
  2. VMTS (Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran) dari setiap Prodi, Fakultas dan Biro yang telah direvisi dengan Warek I harus disosialisasikan baik melalui media cetak maupun media online.
  3. Data Dosen yang mengikuti tugas seminar/workshop/pelatihan dengan surat tugasnya dan sertifikatnya oleh masing-masing dosen di setiap Fakultas
  4. Pedoman SPL dan PPL masing-masing Fakultas.
  5. Dokumen bimbingan dan konseling bagi  Dosen Pembimbing Akademik di tiap-tiap Program Studi.
  6.  Isi Kurikulum dan Bukti Penyusunan dan keterlibatan stakeholder bagi setiap Prodi.
  7. Kurikulum Islamisasi dan Pusat bahasa yang menjadi core dari visi misi UNIDA.
  8. BKD dari dosen yang ber-homebase disetiap Fakultas.

Dokumen bukti fisik AIPT kemudian akan direview secara internal institusi pada tanggal 25 Agustus 2019. Seminggu kemudian, pada  tanggal 1 September, dokumen bukti fisik akan direview  bersama para pimpinan biro. Review dokumen akan berlanjut bersama seluruh fungsionaris UNIDA pada tanggal 8 September, yang kemudian berujung kepada digitalisasi seluruh dokumen bukti fisik AIPT pada 15 September. Terakhir, bukti fisik AIPT akan disubmit manual maupun digital pada tanggal 22 September. Semoga Allah azza wa Jalla memudahkan dan memberkahi ikhtiyar Tim AIPT dalam meningkatkan UNIDA menjadi Universitas Islam yang bermutu dan berarti sebagaimana yang telah ditorehkan di Piagama Wakaf Pondok Modern Gontor. Aamiin Aamiin ya Rabbal ‘Alamin (Indra Ari Fajari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *