Studi Akademik : Menelisik Kehidupan Umat Beragama

Kandangan- Guna memperluas pengetahuan di dalam ruang kuliah, para mahasiswi semester 2 Prodi Studi Agama-Agama  UNIDA GONTOR Kampus Kandangan menyelenggarakan Studi Akademik. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari dimulai pada hari Selasa, 31 Desember 2019 hingga Kamis, 2 Januari 2020. Perjalanan dimulai dari Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria, Pura Agung Jagat Karana, dan Maha Vihara Pusdiklat Buddha Maitreya  di Surabaya kemudian ditutup dengan kunjungan ke Klenteng Tridharma Eng An Kiong di Malang.

Studi Akademik merupakan kegiatan aplikatif yang dapat meningkatkan mutu dan kualitas para mahasiswi. Disini, para mahasiswi mendapat gambaran nyata di lapangan secara langsung. “Isi diri kalian sebelum bertanya, karena yang akan kalian temui adalah orang yang berilmu. Jangan mempermalukan diri sendiri terlebih mempermalukan agama!” begitulah pesan Al-Ustadz Syamsul Hadi Untung, M.A., M.Ls. selaku dekan fakultas Ushuluddin dalam pembekalan Studi Akademik Senin, 30 Desember 2019.

Baca juga : Budha Tidur Terbesar di Asia Tenggara

Di lokasi, terdapat beberapa hal-hal baru yang baru yang belum pernah dilihat secara langsung. Seperti halnya ajaran “vegan” yang dimiliki oleh umat Buddha Maitreya, konsep berpuasa ala umat Katolik, sinergi antara alam, tuhan dan manusia dalam ajaran Kong Hu Cu dan lain sebagainya. Kunjungan para mahasiswi disambut hangat oleh setiap umat di masing-masing tempat peribadatan.

Selama kegiatan berlangsung, para mahasiswi merasa beruntung karena diterima di sela-sela kesibukan beribadah bagi masing-masing umat. Seperti ketika kunjungan kami di Klenteng Tridharma Eng An Kiong, misalnya, mahasiswi peserta SAA yang tengah berada di lokasi mulai pukul 09.00 WIB – 11.15 WIB, bisa menyaksikan umat Tri Dharma -Buddhis, Tao, dan Kong Hu Chu- dalam melaksanakan peribadatan mereka pada pukul 10.00 WIB. Hal ini jadinya juga memperkaya khazanah pengetahuan mereka tentang agama yang dianut oleh umat tiga agama tersebut.

Studi Akademik : Gereja Tertua di Surabaya

Di evaluasi kegiatan, al-Ustadz Kholid Karomi, M.S.I menasehati peserta Studi Akademik akan kewajiban untuk terus senantiasa mengisi waktu guna kegiatan akademik. “Banyak pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab karena waktu yang terbatas. jadi bayarlah dengan memperbanyak bacaan kalian.” Jelas beliau. (Isnaini Umi Rasyida/SAA 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *