Studi Akademik (SA) sebagai Aplikasi Countinous Learning University

Studi Akademik Kandangan

Kandangan-Pada hari Rabu, 24 April 2019, Dekan Fakultas Ushuluddin sekaligus Dosen Senior Program Studi Studi Agama-Agama (SAA) Fakultas Ushuluddin Universitas Darussalam Gontor, al-Ustadz Syamsyul Hadi Untung, M.A., M.Ls memberikan pengarahan dan pembekalan untuk peserta Studi Akademik (SA) Mahasiswi Prodi SAA Semester II Kelas E Kampus Putri Kandangan. Acara pembekalan yang melibatkan 35 mahasiswi ini dilaksanakan di Ruang Kelas Seminar  dari  mulai pukul 15.30 hingga 17.00 WIB.  Dosen-Dosen Fakultas Ushuluddin seperti al-Ustadz Yuangga Kurnia Yahya, M.A., al-Ustadz Mahmud Rifaanuddin, M.Ag, al-Ustadz Abdullah Muslich Rizal Maulana, M.A., sekaligus Staff Fakultas Ushuluddin, al-Ustadz Sufratman, S.Ag turut hadir di acara tersebut.

Kegiatan rutin tahunan ini dilaksanakan terutama dalam memberikan pandangan-pandangan lebih lanjut namun mendasar atas realitas keagamaan bagi para mahasiswi. Pemahaman tersebut, terutama atas bidang-bidang studi agama major yang tercantum di Kurikulum SAA. Misalnya,  Kristologi, Buddhisme, Hinduisme, dan Kong Hu Chu. SA kali ini melibatkan sejumlah objek  di Kota Surabaya dan Batu mulai hari Jum’at 26 April hingga Ahad 28 April 2019. Adapun objek yang dituju untuk hari pertama adalah Gereja Paroki Sakramen Mahakudus dan Pura Agung Jagat Karana. Objek esok harinya meliputi  Klenteng Boen Bio, Masjid Cheng Ho,  dan Klenteng Sanggar Agung. SA kemudian berakhir di objek hari ketiga yaitu Sekolah Tinggi Agama Budha (STAB) Kertarajasa. Menurut al-Ustadz Syamsyul, acara ini meskipun dilakukan di luar jam akademik tetap bersifat sangat serius.

Pak Dekan sambutan SA Kandangan Gontor
Bapak Dekan Fakultas Ushuluddin, al-Ustadz Syamsyul Hadi Untung, M.A., M.Ls memberikan pengarahan untuk peserta Studi Akademik (SA) Prodi Studi Agama-Agama Kampus Kandangan

Baca juga: Adab-Adab Kealaman dalam Eco-Theology Islam: Refleksi atas Tadabbur Alam Prodi Studi Agama-Agama Universitas Darussalam Gontor (Bag. I)

 “Studi Akademik ini penting karena menjadi bagian dari Continous Learning University. Artinya, di manapun anak-anakku berada, meskipun sedang berada di luar kelas, tetap melaksanakan proses pembelajaran.” Demikian Al-Ustadz Syamsyul Hadi Untung, M.A., M.Ls menyampaikan. Beliau juga menginstruksikan agar setelah acara ini dapat diterbitkan semacam catatan perjalanan yang ringan namun ilmiah dalam sebuah buku saku yang dapat dibawa kemana-mana. Instruksi tersebut diterima dengan baik oleh Ketua Panitia SA, Afifah Mauliddina Dwi Putri dan Khofifah Assakhyyu Qorib.

LAPORAN STUDI AKADEMIK SEBAGAI WAKAF ILMU PENGETAHUAN

Al-Ustadz Abdullah Muslich Rizal Maulana menyampaikan teknis penulisan laporan Studi Akademik (SA)
Al-Ustadz Abdullah Muslich Rizal Maulana menyampaikan teknis penulisan laporan Studi Akademik (SA)

Usai menyampaikan pembekalan, Acara dilanjutkan dengan pengarahan teknis penulisan laporan oleh Pembimbng Lapangan SA, al-Ustadz Abdullah Muslich Rizal Maulana, MA. Beliau menyampaikan beberapa poin yang menjadi signifikasi SA. Diantaranya adalah,  SA dapat memperluas wawasan dan menunjang pembelajaran mahasiswa di bangku perkuliahan, mengenal objek penelitian langsung di lapangan, dan sebagai persiapan Studi Pengayaan Lapangan (SPL) di Semester V/VI. Tidak hanya itu, SA juga sekaligus berfungsi sebagai pembelajaran awal dalam mengumpulkan data dan menganalisanya. “Oleh karena itulah, silahkan disiapkan pertanyaan-pertanyaan yang baik terkait dengan objek tujuan. Isi Diskusi harus sesuai dengan materi dan artinya, pertanyaan tidak diajukan dari pikiran kosong.” Begitu Al-Ustadz  Rizal menegaskan.

Beliau juga menyampaikan bahwa instruksi Bapak Dekan untuk menerbitkan buku saku sebagai laporan SA bukan hanya untuk gaya-gayaan semata, namun juga dokumentasi penting dan amal jariyah akademik. “Akan sangat banyak sekali yang membaca laporan tersebut dan itu semuanya akan menjadi jariyah keilmuan kalian mahasiswa SAA semester II untuk generasi selanjutnya.” Pembekalan kemudian diakhiri dengan doa bersama memohon berkah dan selamat di perjalanan dan photo bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *