UPGRADING ADMIN WEBSITE DIIKUTI OLEH TIM ADMIN WEBSITE PRODI STUDI AGAMA-AGAMA

Al-Ustadz Musthafa Zahir

UNIDA- Pada hari Rabu, 10 April 2019, Tim Admin Website UNIDA Gontor mengadakan ‘Upgrading Admin Website’ di hall hotel Universitas Darussalam Gontor yang diikuti oleh Pengelola Website Fakultas dan Program Studi. Hal ini tidaklah lain meningkatkan kemampuan konten dan teknis dari para pengelola website mencakup bagaimana meningkatkan traffic website, sekaligus bagaimana agar website kita bisa memberikan manfaat yang seluas-luasnya. Adapun pemateri untuk acara ini adalah al-Ustadz Musthafa Zahir dan al-Ustadz Alaul Abror dari Pondok Modern Darunnajah. Menurut al-Ustadz Taufiq Affandi, M.Ec., website Pondok Modern Darunnajah memiliki visitor (pengunjung) tiga kali lipat lebih besar dari pengunjung situs atau website berdomain Gontor. Hal inilah yang disinyalir penting untuk menjadi bahan diskusi untuk pengelola website Universitas Darussalam Gontor. Dosen Admin Website Prodi Studi Agama-Agama UNIDA Gontor sendiri, al-Ustadz Abdullah Muslich Rizal Maulana, MA sebelumnya pernah bertemu dengan Ust. Alaul Abror ketika membimbing Studi Pengayaan Lapangan Mahasiswa Fakultas Ushuluddin ke Jakarta di awal Januari 2019 lalu bersama Al-Ustadz Muhammad Faqih Nidzom. Al-Ustadz Abdullah Muslich Rizal Maulana, MA hadir bersama pengelola website SAA dari Mahasiswa, Azzamul Azhar semester 6.

Menurut Ust. Musthafa Zahir, ada paling tidak tiga hal yang selayaknya menjadi acuan bagi pengelola website: usaha mencapai tujuan, dakwah kepada kebaikan, dan tahaddust bil’nimah.  “Yang terutama adalah memang jadi niat kita dalam mengelola website adalah da’wah.” Begitu Ust. Musthafa Zahir menjelaskan.

Ust. Musthafa Zahir juga menjelaskan, bahwa menjadi Pengelola website adalah kesempatan untuk ‘terpaksa’ belajar. Hal ini dikarenakan teori-teori per-website-an sendiri sangat mahal harganya mencapai jutaan rupiah. Namun sebagai pengelola website, ilmu tersebut mampu didapatkan dengan mudah dan murah. Al-Ustadz Abdullah Muslich Rizal Maulana M. A., sempat memantik diskusi soal bagaimana memastikan karya tulis di website adalah original ataupun plagiat demi menguatkan kualitas artikel yang ter-publish di website. Adapun Al-Ustadz Musthafa Zahir menjawab tentang sejumlah website yang bisa digunakan untuk mengecek orisinalitas tulisan seperti https://www.copyscape.com/ dan langsung disertai praktek dengan mengecek salah satu artikel di http://unida.gontor.ac.id/tag/isra-miraj/  Adapun acara ‘Upgrading Admin Web’ ini akan diadakan selama dua hari dari Rabu hingga kamis, 10-11 April 2019. (ADMIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *