Visitasi Program Studi Agama-Agama

 

Hari yang di tunggu-tunggu pun tiba. Pada hari Kamis, 21 Desember 2017 telah diadakan Visitasi Program Studi Agama-Agama yang dilakukan oleh BAN PT. Visitasi BAN PT ini dilaksanakan oleh dua orang selaku asesor visitasi, yaitu Prof. Dr. Nazir Karim dan Suparto, P.hd. Perjalanan untuk mencapai titik akhir dari visitasi ini tidak lah mudah. Sebab, harus melewati serangkain pra-syarat sebelum menginjak Visitasi Program Studi, diantaranya: mengirim Surat Pengantar dan Pimpinan Perguruan Tinggi, Surat Pernyataan, Borang Program Studi, Lampiran Borang Program Studi, Borang Unit Pengelola Program Studi, Evaluasi Diri dan Borang Data Kuantitatif.

Visitasi Program Studi di mulai pada pukul 9.00 WIB dan baru berakhir sekitar Pukul 12.00 WIB. Acara berlangsung lancar walaupun tidak bisa dipungkiri masih ada beberapa kekurangan, namun bukanlah hal yang vital. Acara dimulai dengan sambutan oleh Al-ustadz Syamsul Hadi Untung, M.A. M.Ls selaku Dekan Fakultas Ushuluddin, “Ahlan wa sahlan, semoga dengan hadirnya bapak-bapak asesor segala urusan berjalan dengan lancar” kata beliau. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Prof. Dr. Nazir Karim, “Saya kira Gontor ini sudah mendunia, itu terlihat dari para alumni-alumni yang sudah menyebar di seluruh dunia”.

Visitasi dilakukan di dua tempat. Tempat pertama dilakukan di Hall Senat oleh Suparto, P.hd bersama Kaprodi, mahasiswa dan beberapa staf-staf bagian Universitas Darussalam, seperti Pusat Kajian Islamisasi, LPPM, BAUK dan lain-lain. Pembicaraan berlangsung cukup relatif santai, sekali-sekali menegangkan bila beberapa pertanyaan asesor kurang dapat dijawab secara maksimal. Tempat kedua dilakukan di Kantor Dekan oleh Prof. Dr. Nazir Karim bersama Dekan Fakultas Ushuluddin dan beberapa dosen yang ikut menemani. Acara ini, dirasa seperti ujian lisan dalam UAS walaupun berbeda dari segi materi dan suasana. Sehingga menjadi mungkin masih ada pertanyaan para asesor yang belum bisa di jawab ataupun kekurangan yang dapat dijumpai dari berbagai segi. Semoga apa yang diusahakan dan diinginkan sesuai dengan apa yang telah dikehendaki oleh Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *