Workshop Rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) UNIDA Gontor

RPKPS-workshop-unida-universitas-darussalam-gontor-saa-ushuluddin

Gontor-Ahad (26/1). Universitas Darussalam Gontor melaksanakan Workshop atau pelatihan Rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) bersama seluruh perwakilan Prodi dan Fakultas di Universitas Darussalam Gontor. Lokakarya ini langsung dikawal oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UNIDA Gontor dengan mengundang seorang Ahli dari Universitas Gajah Mada (UGM), Dr. Sajarwa, M.Hum. Acara ini dilaksanakan tepat pada pukul 9.00 WIB di Ruang Rapat Senat UNIDA Gontor dan dibuka oleh Rektor UNIDA Gontor, Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A.

Tujuan utama diadakannya lokakarya RPKPS ini terutama adalah meningkatkan kualitas pendidikan sivitas akademika UNIDA Gontor berbasiskan luaran atau Outcome Based Education (OBE). Dalam hal ini, Kepala Biro LPM UNIDA Gontor, Dr. Mohammad Muslih, M.Ag menekankan RPS atau Rencana Program Studi adalah beban tanggung jawab milik masing-masing Dosen guna menunjang Kurikulum yang telah dibuat oleh Prodi. Lebih dari itu, Workshop ini juga diharapkan mampu menunjang kualitas Prodi dalam mempersiapkan visitasi Akreditas Institusi Perguruan Tinggi (AIPT). Dalam pembukaan lokakarya, Peneliti bidang Filsafat Islam ini menyampaikan, “Sesungguhnya kurikulum ini penting bagi dosen agar memiliki tujuan dan dapat mempertanggungjawabkan apa yang direncanakan hingga proses dan asesmennya”. Demikian beliau menjelaskan.

Terkait RPKPS, lihat Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal UNIDA GOntor

Dr. Sujarwa, M.Hum memulai diskusi dengan memberikan gambaran yang yang jelas akan kemampuan peserta didik yang bisa dilakukan ketika lulus. Untuk sarjana Satra Satu (SI), RPS diharapkan mampu bisa mengarahkan mahasiswa memformulasikan permasalahan prosedural dan mengaplikasikan ketrampilan khusus. “Ini bisa dicapai dengan mengorganisasi kurikulum, sistem pembelajaran dan penilaian yang terstruktur untuk memastikan bahwa proses pembelajaran terjadi .” Demikian Peneliti bidang Bahasa, Komunikasi dan Budaya ini menjelaskan.

Acara kemudian berlanjut setelah istirahat Dzuhur dan Makan Siang hingga pukul 14.00 WIB (Nur Rosyid Huda Setiawan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *