Audit Mutu Internal Prodi Studi Agama-Agama UNIDA Gontor

Audit-Mutu-Internal-Prodi-Studi-Agama-Agama-UNIDA-Gontor

Audit Mutu Internal Prodi Studi Agama-Agama UNIDA Gontor

(Siman) Penjaminan Mutu merupakan salah satu kewajiban dalam menjaga kesehatan organisasi, termasuk di dalamnya institusi perguruan tinggi dan seluruh unit kerja di bawahnya. Salah satu siklus penting di dalam sistem penjaminan mutu adalah evaluasi, baik di dalam siklus PDCA (Plan-Do-Check-Act) maupun PPEPP (Penetapan-Pelaksanaan-Evaluasi-Pengendalian-Peningkatan). Dalam rangka evaluasi inilah diadakan kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) di Universitas Darussalam Gontor.

AMI dilaksanakan secara berkala setiap tahunnya untuk seluruh program studi. Tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan AMI di bidang akademik yang menyasar ke seluruh program studi. Adapun pelaksanaan AMI di unit kerja seperti biro, lembaga, dan UPT dilaksanakan pertama kali di tahun ini. AMI ini dilaksanakan dalam rentang waktu 2 pekan, yaitu mulai 4 -18 Februari 2021.

Baca Juga Pelatihan Audit Mutu Internal di UNIDA Gontor

AMI ini dikoordinir oleh Badan Penjaminan Mutu (BPM) dengan membagi seluruh auditor internal yang dimiliki Universitas Darussalam Gontor kepada setiap unit kerja dan program studi. Dari total 52 auditor internal yang telah bersertifikat, tiap tim yang berisi 3 orang auditor ditugaskan untuk melaksanakan audit di seluruh unit kerja dan program studi.

Pelaksanaan AMI di Program Studi Studi Agama-Agama dilaksanakan pada Sabtu (13/2). Tim Auditor yang ditugaskan BPM terdiri dari al-Ustadz Use Etica, SP. MMA., al-Ustadz Fadhlan Nur Hakiem, M.Si., dan al-Ustadzah Triana Harmini, M.Pd. Dalam pelaksanaannya, Wakil Dekan III Fakultas Ushuluddin, al-Ustadz Asep Awaludin, M.Ag., menghadiri kegiatan audit ini bersama seluruh jajaran dosen fungsionaris program studi Studi Agama-Agama.

Pelaksanaan kegiatan audit yang memakan waktu kurang lebih 3 jam ini berisi pertanyaan konfirmasi dari pihak auditor terkait evaluasi diri yang telah dikirimkan sebelumnya. Selain itu, pihak auditor juga memberikan banyak saran dan masukan (opportunity for improvement) dalam rangka peningkatan Program Studi.

Di akhir, Wakil Dekan III Fakultas Ushuluddin juga banyak memberikan catatan dari saran para auditor. Hal ini akan menjadi catatan di samping hasil audit di dua program studi di Fakultas Ushuluddin sebelumnya, yaitu program studi Aqidah dan Filsafat Islam dan program studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir. Setelah terlaksananya AMI di program studi Studi Agama-Agama ini, akan diadakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) di tingkat fakultas sebagai tindak lanjut dari temuan-temuan selama audit dan sebagai bentuk komitmen pimpinan fakultas dalam pelaksanaan sistem penjaminan mutu. (Reporter: Yuangga Kurnia Yahya/ Editor: Abdullah Muslich Rizal Maulana)