Ihda Riezma: Bukti Mahasiswa SAA Mampu Bersaing

Ihda Riezma: Bukti Mahasiswa SAA Mampu Bersaing

Oleh: Muttaqin

Pilmapres (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi) UNIDA Gontor memasuki tahap tahap empat atau finalis. Uniknya, lima finalis yang berhasil bertahan hingga tahap ini semuanya diwakili oleh kampus putri. Mereka adalah Binti Sholihatin dari prodi Farmasi, Inayah Salsabil prodi IQT, Nurly Khalida prodi PBA, Nilam Suci Gilang Romadhona prodi EI, dan Ihda Riezma prodi SAA.

Lima Finalis Mahasiswa Berprestasi bersama Para Dosen

Lolosnya Ihda Riezma ke fase empat merupakan suatu keajaiban bagi prodi SAA. Pasalnya, menurut penuturan pembimbing Pilmapres prodi SAA al-Ustadzah Tistigar Sansayto, utusan yang mewakili prodi SAA dipilih dalam waktu yang sangat mepet. Sehingga pihak prodi sendiri tidak memiliki waktu yang cukup dalam menyaring lebih dalam mahasiswa-mahasiswa yang memiliki catatan prestasi akademis bagus di SAA.

“Iya ustadz, memang pemilihan utusan prodi benar-benar mendesak, seharusnya memang dari kita tim prodi sudah menyiapkan dari sekarang siapa perwakilan pilmapres untuk tahun selanjutnya karena memang sudah jelas menjadi agenda tahunan. Sehingga untuk selanjutnya dengan seleksi yang lebih menggigit mampu memberikan sentuhan kepada mahasiswa yang lain agar timbul persaingan sehat dan pengaruh positif bagi mereka… Fastabiqul khairat… terlebih perwakilan dari putra harusnya ada… ”

Selain itu, ustdzah yang pernah menjabat sebagai staff Pengasuhan Santri saat mengabdi di Gontor Putri Satu ini juga menegaskan, prodi agama semestinya lebih mampu berkompetisi dengan prodi-prodi lainnya.

“Prodi Agama harus mampu mengepakkan sayapnya dan survive ketika bersaing dengan prodi lainnya termasuk prodi umum”

Ihda Riezma sendiri mengaku, ia belum sempat melakukan persiapan yang lebih matang. Baginya, terpilih menjadi perwakilan SAA merupakan kesempatan emas untuk mengasah skil.

“Alhamdulillah, dengan pilmapres menjadi ajang belajar bagi saya khususnya dalam karya tulis dan public speaking”

Ia juga berharap, semoga tahun depan teman -teman dari prodi SAA yang terpilih bisa lebih mengharumkan nama prodi.

“Semoga perwakilan saa tahun depan bisa lebih baik” ucapnya di sela-sela acara gala dinner pilmapres.

Gala dinner yang berlangsung di gedung Aisyah kampus putri satu.

SELEKSI TAHAP AKHIR
Pada tahap akhir, finalis melakukan presentasi terbaiknya di kampus UNIDA Gontor Putri Dua. Acara ini turut dihadiri Bapak Wakil Rektor Satu UNIDA, al-Ustadz Hamid Fahmy Zarkasyi, Bapak Wakil Rektor Tiga UNIDA, al-Ustadz Abdul Hafidz Zaid dan Dekan Kulliyatul Banaat al-Ustadz Nur Hadi Ihsan.

Penampilan peserta cukup baik. Ide yang disampaikan cukup segar. Sebagaimana yang disampaikan al-Ustadz Nur Hadi Ihsan dalam acara gala dinner yang berlangsung di gedung Aisyah kampus putri satu.

“Presentasi menarik, sesuatu yang ditampilkan baru.”

Kepada seluruh peserta beliau berpesan agar meningkatkan prestasi di berbagai lini.

“Pernah ikut kompetisi apa? Itu yang perlu di tingkatkan di antara teman-teman ustadzah.”

Beliau juga mengatakan, “Biar di kalangan ustadzah ada prestasi nasional”

Terkait kualitas makalah, beliau memberi catatan khusus, “No madzhab comotism”. Jangan terbiasa dengan asal comot tulisan, mental ini perlu dihilangkan.

Ustadz Haris Setyaningrum salah satu juri memberi satu catatan khusus untuk perwakilan prodi SAA.

“Konsep tehknis yang belum terjabarkan dengan baik”

Menurutnya, blue print dari gagasan yang diangkat oleh Ihda Riezma masih kurang. Sehingga sisi ini perlu mendapat perhatian khusus dari pihak pembimbing.

Namun demikian, keberhasilan Ihda Riezma melaju hingga tahap empat atau menjadi salah satu finalis ini patut diapresiasi. Rencananya, gagasan kreatif yang diangkat Ihda Riezma dalam makalahnya di pilmapres tahun ini, akan ditindaklanjuti oleh pihak prodi sebagai penelitian kolaboratif antara dosen dan mahasiswa.

Lihat Juga:

Pasang Surut Hubungan Islam-Kristen di Indonesia

 

3 Replies to “Ihda Riezma: Bukti Mahasiswa SAA Mampu Bersaing”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *