Malam Haflatul Wada’ Siswi Akhir KMI 2020

siswi-akhir-kmi-yudisium-haflatul-wada-pondok-modern-gontor

Malam Haflatul Wada’ Siswi Akhir KMI 2020

(Mantingan) Malam Haflatul Wada’ Siswi Akhir KMI 2020 (29/4/2020) sukses diselenggarakan di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Putri Kampus 1, 5, dan 7. Acara wajib ini diselenggarakan berbeda dari biasanya karena tidak adanya wali santri yang datang untuk melihat sakralnya acara tersebut. Kendati demikian, namun acara ini tetap berjalan dengan lancar dan khidmat. Raut wajah siswi-siswi tersebut tetap antusias dan khusyu’ selama acara berlangsung.

Sebagai gantinya, malam Haflatul Wada’ di PMDG Putri Kampus 5 dan 7 dilakukan dengan live streaming. Hal ini ditujukan agar khutbah Pendiri Pondok serta Pimpinan Pondok tetap sama dan tidak ada perubahan. Acara ini di hadiri oleh Bapak Ketua Badan Wakaf, Pimpinan Pondok Modern Darussalam, Rektor Universitas Darussalam Gontor, Ketua Yayasan Perluasan dan Pengembangan Wakaf Pondok Modern, Direktur KMI Pondok Modern Darussalam Gontor, serta Wakil Pengasuh dan Wakil Direktur KMI dari Kampus Putri 1, 2, dan 3. Tahun ini sendiri, PMDG meluluskan 1582. Jumlah yang tidak sedikit ini akan disebar ke berbagai daerah guna mengabdi kepada masyarakat.

Baca Juga: Haflatul Wada’ dan Yudisium Siswi Akhir KMI Pondok Modern Gontor Putri 5 Kandangan

Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor beserta Bapak-Bapak Ketua Lembaga Pondok Modern Gontor memimpin jalannya acara Haflatul Wada’ di Pondok Modern Gontor Putri

            Dalam sambutannya, Bapak Direktur KMI, al-Ustadz KH Masyhudi Subari MA mengatakan bahwa meskipun Haflatul Wada’ diselenggarakan di 3 tempat sekaligus, namun seluruh siswi akhir KMI 2020 merasakan hal yang sama. Beliau juga berharap keadaan seperti ini tetap disyukuri. Acara berlanjut pada pembacaan wasiat dari Pendiri Pondok Modern Gontor, al-Ustadz KH. Imam Zarkasyi yang diwakili oleh al-Ustadz Assoc. Prof. Dr. Hamid Fahmi Zarkasyi, M.A., M.Phil. Sedangkan wasiat dari al-Ustadz Ahmad Sahal dibacakan oleh Drs. M. Akrim Mariyat, Dipl. A.Ed. Inti Sambutan kemudian disampaikan langsung oleh Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, al-Ustadz KH. Hasan Abdullah Sahal.

Bapak Pimpinan Pondok Modern Gontor, al-Ustadz KH Hasan Abdullah Sahal memberikan wejangan kepada seluruh Siswi Akhir Kulliyatul Mu’allimin al-Islaamiyyah (KMI)

            Dalam kesempatan kali ini, Pimpinan PMDG menyampaikan bahwa hendaknya manusia jangan hanya bisa mencari, namun sudah saatnya memberi. “Kalau kita memberi, Allah akan memberi”. Beliau mengeaskan bahwa tanggung jawab orang-orang berilmu lebih besar dari orang-orang yang tidak mengetahui. Karenanya, masa depan ada ditangan kita masing-masing. “Orang-orang ‘ya’lamun’ lebih bertanggung jawab dari orang-orang yang ‘la ya’lamun. Masa depan ada ditangan kita”. Acara dilanjutkan dengan makan sahur bersama ditempat-tempat yang telah ditentukan. Sedangkan, yudisium sendiri akan diadakan dikeesokan harinya. (Reporter: Rachmah Intan Muslimah/ Editor: Abdullah Muslich Rizal Maulana, M.A.).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *