Menimba ilmu agama Buddha di STAB kertarajasa Batu

20/12/2019 –Malang, Mahasiswi Progam Studi Studi Agama-agama (SAA) mendapatkan kesempatan yang kesekian kalinya untuk melaksanakan Studi Akademik (SA). Pada kali ini, objek yang dituju adalah Sekolah Tinggi Agama Budha Kertarajasa Batu Vihara Dhammadipa Amara di Batu, Malang. Objek SA ini tidaklah lain guna memperdalam pengetahuan tentang agama Buddha.

Kegiatan ini terdiri dari 2 sesi, yaitu sesi perkumpulan resmi yang diawali dengan sambutan-sambutan. Untuk sambutan yang pertama disampaikan dari perwakilan STAB yaitu Bapak Arianto selaku salah satu dosen di STAB ini. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan, “marilah kita mengucapkan rasa syukur atas kerjasama dengan UNIDA ini dapat terlaksana kembali yang mana memang sudah dilakukan dari beberapa tahun silam.”

Pak Arianto juga memberikan antusiasme yang tinggi guna menyambut kami para mahasisiwi UNIDA yang ingin belajar Buddhisme di STAB. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Pembimbing Studi Akademik, al-Ustadz. Hifni nasif, M.ud.

Sesi kemudian berlanjut dengan kuliah tentang Agama Buddha Bikkhu Uggaseno Herman, S.Pd.B,M.M,CPS,CPM. Dalam penyampainnya, Bhikku Uggaseno memaparkan bahwa beliau hanya bisa menjelaskan tentang Agama Buddha sesingkat-singkatnya karena seharusnya untuk penjelasan Agama Buddha sendiri memiliki 4 SKS sebagai mata kuliah yang harus diambil.

Setelah selesai dengan penjelasan tentang agama buddha dari Bikkhu Uggaseno ini pun dilanjutkan dengan sesi tanya jawab anatara mahasiswi SAA dengan Bikkhu Uggaseno sendiri. Dalam sesi ini para mahasiswi aktif dalam melontarkan pertanyaan untuk bikkhu sendiri, yang mana dijawab tidak kalah aktifnya dengan bikkhu sendiri.

Lebih dari setengah jam kami melakukan tanya jawab dengan sang bikkhu. Studi akademik kami pun dilanjutkan dengan mengelilingi STAB dengan ditemari para Attsilani yang siap menjawab pertanyaan dari para mahasiswi apabila menemukan hal yang belum diketahui.

Dalam studi akademik kali ini pun para mahasiswi SAA Ushuluddin UNIDA Gontor mendapatkan banyak sekali ilmu terutama karena disampaikan langsung oleh seorang Bikkhu yang beragama Buddha (Nuur Aini Hajrah Arifin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *