Menyambut Idul Adha di Kampus Kandangan

menyambut idul adha

Menyambut Idul Adha di Kampus Kandanngan

Kandangan, Rabu (01/07) Mengingat semakin dekat datangnya Hari Raya Qurban. Para Guru Senior, Mahasiswi guru Program Studi Studi Agama-Agama (SAA) dan Siswi Akhir Kulliyatu-l Mu’allimat Al-Islamiyah mengikuti perkumpulan di Auditorium Gontor Putri 5 guna membahas persiapan menyambut datangnya Idul Adha.

Agenda ini dimulai tepat pukul 11.00 WIB atau jam pelajaran ke-5 sampai dengan jam ke-6. Disamping para Siswi KMI kelas 1-5 mengikuti kegiatan Qira’ atu-l Qur’an di rayon masing-masing. Di awal acara, Al-Ustadz Rona Rinarwandini. salah seorang Dosen Prodi SAA dan Guru Senior Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus V sebagai Penanggungjawab umum panitia, mengawali acara tersebut dengan sambutannya.

Dalam sambutannya, beliau mengatakan “Alhamdulillah, jika di luar kita harus mencari-cari pekerjaan, di Pondok kita justru diberi pekerjaan yang tak perlu dicari lagi. Pekerjaan ini tentu saja juga merupakan pendidikan bagi kita, juga bukan hanya semata-mata untuk menuntaskan pekerjaan dan acara, melainkan turut mendidik siapapun, termasuk saya, Ustadzah, dan para santriwati. Jangan lupa pula tentunya juga merupakan ibadah untuk menjadi tambahan bekal bagi kehidupan kita di masa mendatang, (di dunia dan akhirat).”

Sesuai dengan kebiasaan di Pondok Modern Darussalam Gontor, beliau juga menyampaikan beberapa evaluasi kepanitiaan di tahun yang lalu. Sehingga dapat dijadikan sebagai pelajaran supaya segala kekurangan tidak akan terulang kembali di masa mendatang.

Lihat Juga: Gaya Hidup Sehat di New Normal UNIDA

Dari kalangan Ustadzah atau Mahasiswi guru, kepanitiaan ini diketuai oleh Saudari Meida Ismayanti S. Ag, saudari Virda Amalia Zhahara dari semester VII. Kemudian saudari Apriliya Dwi Syafitri dari semester 5, yang ditunjuk Bapak Wakil Pengasuh pada pertemuan perdana semester satu ini.

Dalam perkumpulan tersebut, ketiga ketua membacakan struktur panitia yang terdiri dari seluruh guru dan siswi kelas 6. mulai dari ketua, sekertaris, bendahara, seksi takbiran, sie daging, sie tulang, sie distributor dan lain-lain.

Dalam kesempatan ini, Al-Ustadz Hamim Syuhada’ M. Ud, Wakil Pengasuh Pondok Modern Gontor Putri Kampus V dalam nasehatnya, menyampaikan bahwa pengalaman ini adalah pengalaman yang sangat mahal. Kelak seluruh mahasiswi guru dan siswi kelas 6 akan kembali ke masyarakat, yang mungkin sulit untuk mencari orang-orang yang berpengalaman. Maka, jika semuanya dilakukan dengan serius tentunya akan sangat bermanfaat.

Baca Juga Artikel Kurban dalam Studi Agama

“Di Gontor harus tenanan, kalau asal-asalan tidak akan mendapatkan apa-apa, Ibarat memantulkan bola, jika melemparnya asal-asalan pasti tidak akan kembali pada kita, tapi jika melemparnya serius, energik dan penuh tenaga. Pasti akan berbalik pada kita sendiri” begitu papar beliau.

Ustadz Hamim juga menekankan bahwa ini juga merupakan bentuk pengabdian yang sangat baik. Maka harus dimulai dengan sangat baik pula di langkah pertama” begitu jelasnya yang dilanjutkan dengan do’a bersama.
Para Panitia kemudian berkumpul sesuai bagian dan tugasnya masing-masing guna bermusyawarah dalam merancang program kerja dan anggaran kepanitiaan.

Perkumpulan berakhir tepat pukul 12.30 dan dilanjutkan dengan makan siang bersama. (Reporter: Avatari Nashihatu ‘Ulwania/ Editor: Azzamul Azhar, S.Ag)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *