ORIENTASI FAKULTAS USHULUDDIN

orientasi prodi SAA

ORIENTASI FAKULTAS USHULUDDIN KAMPUS MANTINGAN

Orientasi Fakultas Ushuluddin tahun ajaran ini dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 28 Juni 2019. Acara yang bertujuan untuk mengenalkan Fakultas dan Program Studi ini dihadiri oleh Bapak Dekan Ushuluddin wakil dekan serta para dosen dari Program Studi Studi Agama-Agama, Aqidah Filsafat Islam dan Ilmu Qur’an dan Tafsir. Acara yang bertempatkan di Kulliyatul Banat Gontor Putri 1 juga dihadiri oleh seluruh mahasiswi Fakultas Ushuluddin dari semester 1 sampai 7 serta para wisudawati.

orientasi prodi SAA.1
Sambutan oleh wakil Dekan Ushuluddin, al-Ustadz Dr. Muhammad Adib Fuadi Nuriz, M.A. M.Phil

Acara ini diawali dengan sambutan dari Dekan Fakultas Ushuluddin, al-Ustadz Syamsul Hadi Untung, M.A. M.Ls. dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa Fakultas Ushuluddin adalah Fakultas yang telah berdiri lama sejak awal lahirnya IPD, dimana sejak saat awal lahirnya pun telah memiliki banyak prestasi dan akreditasi yang memuaskan. Awal munculnya Fakultas Ushuluddin hanyalah dengan medirikan satu program studi yaitu Studi Agama-Agama  yang kemudian berkembang dengan bertambahnya 2 prodi lain yaitu Aqidah Filsafat Islam dan Ilmu Qur’an dan Tafsir. Dalam sesi ini beliau juga menyampaikan visi Fakultas Ushuluddin “Menjadi pusat studi ilmu ushuluddin modern pada tahun 2020 yang melahirkan sarjana yang menguasai prinsip ilmu ushuluddin sebagai asa islamisasi pendidikan kontemporer”

Sambutan dilanjutkan oleh wakil Dekan Ushuluddin, al-Ustadz Dr. Muhammad Adib Fuadi Nuriz, M.A. M.Phil. Beliau menambahkan bahwa jumlah peminat Fakultas Ushuluddin sangat pesat dengan jumlah 1063 Mahasiswa dan Mahasiswi, dengan ini menunjukkan bahwa jumlah Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Di Universitas Darussalam adalah yang terbanyak di Indonesia. Dan dalam sesi ini, beliau menjelaskan persyaratan kelulusan Mahasiswa-Mahasiswi Universitas Darussalam dalam menempuh tingkat Sarjana yaitu minimal 7 semester, dan terdapat empat persyaratan yang harus diikuti sebelum memasuki ruang ujian yaitu nilai Angka Kredit Penunjang Akademik Mahasiswa (AKPAM), Pesentase kehadiran, Ujian Tahfidz dan Administrasi pembayaran.

Orientasi kemudian dilanjutkan oleh al-Ustadz Abdullah Muslich Rizal Maulana, M.A. yang menjelaskan tentang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres), dimana untuk menjadi mahasiswi yang berprestasi dibutuhkan beberapa hal antara lain, IPK diatas rata-rata, menguasai bahasa Arab dan Inggris dengan baik, aktif di berbagai perlombaan, ide yang kreatif dalam menuangkan hasil pembelajaran dan penelitian prodi dalam benuk majalah, piawai akan presentasi hasil belajar dan duduk di semester 5. Diharapkan dengan ini  setiap mahasiswi mampu menambah wawasan dan lebih berprestasi untuk kedepannya. Acara ditutup dengan perkumpulan yang diadakan oleh setiap program studi bersama kak Prodi dan dosen pembimbing program studi masing-masing. Diadakannya acara orientasi ini dengan harapan mampu membuat mahasiswi semakin mengenal dan dekat dengan Fakultas Ushuluddin dan tidak ada salah kaprah didalamnya. (Agnes Dwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *