Pedoman Penulisan Skripsi Prodi Studi Agama-Agama

pedoman-penulisan-skripsi-saa-unida-gontor

Urutan Langkah-Langkah Pengajuan Judul Skripsi Prodi Studi Agama-Agama

  1. Calon Penulis Skripsi menyiapkan tema yang akan dibahas. Calon Penulis Skripsi boleh berkonsultasi kepada dosen di lingkungan Prodi untuk penentuan judul. Judul-Judul Penelitian Fakultas Ushuluddin/SAA yang telah terlaksana di di download di “Dokumentasi Judul Skripsi Fakultas Ushuluddin”
  2. Setelah berkonsultasi, Calon Penulis Skripsi menentukan Calon Judul Skripsi. Pastikan Judul tersebut berisikan sejumlah item berikut ini: (A) Terdiri dari minimal 2 Fokus Penelitian/ Variabel. Misal: “Konsep Tuhan (Variabel 1) dalam Buddhisme (Variabel 2)”; “Toleransi Beragama (Variabel 1) di Masyarakat Dusun Ngancar, Babadan, Kediri (Variabel 2) (B) Mengandung Permasalahan/ Kegelisahan Akademik yang ingin diteliti: “Mengapa ingin membahas Judul ini?”; “Apa Urgensi meneliti Judul ini?(C) Menulis Pendekatan Penelitian dan/ atau Jenis Analisa Data (opsional). Misal: Pendekatan: Studi Teologis, Fenomenologis, Antropologis, dst. Jenis: Deskriptif, Komparatif, Analitik, Kritik
  3. Calon Penulis Skripsi mendownload Blangko Pengajuan Judul Skripsi di link yang tersedia dibawah dan mengisinya secara lengkap.
  4. Calon Penulis Skripsi mempersiapkan Calon Proposal Skripsi sejumlah kurang lebih 5 halaman sebagai berikut:
    • Latar Belakang Masalah ditulis kurang lebih 5 paragraf (Apa urgensi penelitian? Mengapa menulis skripsi ini? Metode apa yang anda gunakan?)
    • Rumusan Masalah sementara
    • Kebaharuan Judul sementara
    • Outline sementara.
    • Referensi Utama minimal 5 buku. Apabila Skripsi merupakan Kajian Tokoh, maka WAJIB memasukkan buku-buku hasil karya tokoh tersebut dalam problem terkait. Apabila Grounded Research, maka Referensi Utama BOLEH terdiri dari Buku Metodologi penelitian maksimal 2 buku.
  5. Calon Penulis Skripsi mengkonsultasikan Calon Proposal Skripsi kepada 2 dosen di lingkungan Prodi dan disahkan dengan tanda tangan. Selama Masa Pandemi, Tanda Tangan persetujuan 2 Dosen untuk Kampus Mantingan, Kediri, dan Kandangan cukup lewat Scan seizin Dosen yang bersangkutan. Adapun Untuk Kampus Siman dan Rabithah tetap menggunakan tanda tangan asli dibubuhkan di Blangko, kemudian discan.
  6. Calon Penulis Skripsi mengisi Pendaftaran Skripsi online via website https://saa.unida.gontor.ac.id/pedoman-penulisan-skripsi/
  7. Calon peneliti menunggu keputusan diterimanya pengajuan judul maksimal 10 hari setelah diserahkan kepada Kaprodi.
  8. Adapun hasil keputusan terdiri atas 3 kriteria:
  • Diterima. Calon peneliti kemudian melanjutkan konsultasi kepada pembimbing yang sudah ditentukan oleh musyawarah fakultas sebagai persiapan SPS maksimal 2 minggu.
  • Direvisi. Calon peneliti segera merevisi pengajuan judul sesuai catatan dari musyawarah fakutas maksimal 1 minggu TANPA harus meminta 2 tandatangan dosen prodi kembali.
  • Ditolak. Calon peneliti mengajukan judul baru dengan mengulangi alur diatas (no. 1 s/d 7 -Bagan 1-7)

Selamat Menulis!

Dokumentasi Judul Skripsi Fakultas Ushuluddin

Download Formulir Pengajuan Judul Skripsi

Download Berita Acara Seminar Proposal Skripsi (SPS)

Format Calon Proposal Skripsi

Pengajuan Judul Skripsi Baru

JUDUL SKRIPSI DITERIMA BARU (CALON WISUDAWAN 2021)