PEMBEKALAN DAN PELEPASAN PESERTA SPL

Pembekalan dan Pelepasan peserta SPL

PEMBEKALAN DAN PELEPASAN STUDI PENGAYAAN LAPANGAN (SPL) FAKULTAS USHULUDDIN SEMESTER 6 UNIDA GONTOR

GONTOR (6/9/2019) Salah satu acara wajib mahasiswa fakultas Ushuluddin adalah kegiatan Studi Pengayaan Lapangan. Tahun ini, mahasiswa Fakultas Ushuluddin semester 6 dari kampus Robithoh melaksanakan Studi Pengayaan Lapangan (SPL) ke Thailand. Sebelum dimulai acara tersebut, diadakan pembekalan atau pengarahan dan pelepasan secara resmi. Acara dihadiri oleh Al- Ustaadz Dr. M. Adib Fuadi Nuriz, M.A, M.Phil sebagai pemateri dan dilanjutkan pelepasan oleh bapak Dekan Fakultas, Al- Ustaadz Syamsul Hadi Untung, M.A, M.Ls.

baca juga : UNIDA Gontor supports academic and non- academic activities organized by students.

            Peserta SPL kali ini berjumlah 27 orang (terbagi menjadi 7 orang mahasiswa prodi Studi Agama- Agama, 7 orang mahasiswa prodi Aqidah Filsafat Islam, 13 orang mahasiswa prodi Ilmu Quran Tafsir ) di bawah bimbingan 2 orang dosen, Al- Ustaadz Farid Saifuddin, M.A dan Al- Ustaadz Ilham Habibullah, M.A. Pelepasan sekaligus Pembekalan ini dilaksanakan di Aula Robithoh.

“Rutinitas di pondok sangat banyak, dengan amanat yang sangat besar dan sangat suci. Apa yang kita kerjakan adalah apa yang membentuk diri kita sendiri” tutur Al- Ustadz Adib dalam membekali para peserta SPL.

baca juga : Gontor Pengawal Karakter Umat dan Bangsa

Al- Ustadz Adib juga berpesan kepada para peserta SPL agar senantiasa selalu berdakwah dan mengajarkan Islam dimanapun dan kapanpun. “Kita harus mengajarkan 3 hal ; Aqidah, Syari’ah, dan etika sebagai bekal utama. Kita mengajar tentang akidah hakekatnya untuk bekal diri kita sendiri, karena keimanan terletak dalam diri kita sendiri, bukan pada orang lain (dalam diri individu). Kita mengajarkan tentang syari’ah, sebagai bekal untuk dipakai dalam lingkungan masyarakat, bagaimana kita bermuamalah dengan manusia sekitar kita. Begitu juga dengan mengajarkan etika, atau akhlak karimah.”

            Ada 7 objek utama peserta SPL kali ini, objek tersebut adalah Majelis Agama Islam Wilayah Pattani, Ponpes Islamiyyah Dalawiyyah, Thamvitya Mulniti School, Pathoni University, Hat Yai Church, Kuil SamanKhun, Darunsat Whittaya School. Diharapkan dengan acara SPL ini, mahasiswa mampu belajar & mengajarkan ‘3 bekal kehidupan’ sehingga bermanfaat terhadap masyarakat dan ummat Islam secara luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *