Pembukaan UTS Gasal

Pembukaan UTS

Pembukaan UTS Gasal- Sabtu, 15 Agustus 2020

Awan hitam menyelimuti seluruh kawasan PMDG Gontor kampus 3 pada sore ini. Meski begitu para mahasiswa guru dengan penuh semangat datang ke depan aula pertemuan untuk mengikuti acara pembukaan Ujian Tengah Semester (UTS) Gasal. Para mahasiswa menikmati diskusi senja menunggu acara dimulai, diisi dengan diskusi perihal ujian yang akan diujikan pada hari ini.

Pengarahan Dalam Pembukaan UTS oleh Al- Ustadz Abu Darda, M. Ag

Acara pembukaan UTS diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif sejumlah 180 orang. Meskipun ditengah pandemi Corona, acara ini berjalan dengan hikmat dengan tetap memperhatikan protokol penanggulangan Covid-19. Acara ini dimulai pada pukul 15.45, dibuka oleh al-Ustadz Abu Darda, M.Ag.

Dalam pidatonya beliau menyampaikan bahwasannya acara ini sangatlah penting. Karena dalam dunia pendidikan setiap kegiatan perlu diadakan pengarahan sebelum pelaksanaan. Beliau menyampaikan juga, bahwa Pondok Modern Darussalam Gontor memberi kail bukan memberi ikan yang bermaksud bahwa Gontor tidak memberi pintu kesuksesan melainkan memberi kunci kesuksesan. Harapannya agar santri bisa turun kemasyarakat yang plural.

‘Sebagai mahasiswa guru pedoman kalian bukan lagi “ke Gontor apa yang kau cari?”, melainkan “ke Gontor siapa yang kau cari dan apa yang kau Beri?”. Siapa yang dimaksud bukan hanya para pendidik dan pengajar melainkan sumber ilmu pengetahuan. Bukan hanya yang hidup melainkan yang mati juga menjadi sebuah sumber akan ilmu pengetahuan.’

Lihat Juga: Ujian Adalah Bagian Penting Untuk Masa Depan

Dalam belajar, mahasiswa tidak boleh bersandar kepada dosen lagi melainkan harus bisa mencari kebutuhannya sendiri. Maka dalam teori pendidikan, manusia tidak hanya memiliki satu kecerdasan saja namun memiliki berbagai macam kecerdasaan yang harus diasah dan digunakan. Inilah yang perlu mahasiswa sekalian pelajari. Mengasah kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. Maka harus tau cara belajar dan memahami cara belajar.

Berpedoman pada Tritugas Guru: mengajar, membantu pondok, dan belajar bukan hanya selogan saja. Melainkan sudah menjadi hal yang lumrah dan mudah didapatkan di satu-satunya perguruan tinggi pesantren. Meski padatnya kegiatan mengajar di kelas-kelas dan mengemban tugas pondok sebagai mahasiswa guru tidak melunturkan semangat dan prestasi dalam belajar (kuliah). Tetap semangat dan semoga sukses selalu. Aamiinn.

Meskipun ditengah-tengah acara hujan turun,  tidak melunturkan semangat para mahasiswa dalam mengikuti ujian. Acara ini ditutup dengan doa yang juga disampaikan oleh al-Ustadz Abu Darda, M.Ag.. Para mahasiswa diantarkan oleh derasnya hujan menuju ke ruang ujian masing-masing.

Lihat Juga: Protokol Hidup Sehat di Era New Normal

UTS Gasal dilaksanakan selama 5 hari, dimulai pada hari sabtu tanggal 15 Agustus 2020 hingga hari rabu, 19 Agustus 2020. Dilaksanakan di Gedung iraq dan diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif.

Arramadhan Abad Akbar Muhammad/Editor: Azzamul Azhar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *