Penutupan Tahsinul Qira’ah Gontor Putri 5

tahsinul-qira'ah-gontor-putri-lima-saa-unida-gontor

Kandangan- Sabtu (13/06), Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus Lima Kandangan, mengakhiri kegiatan Tahsinul Qira’ah dengan ljian lisan yang secara langsung dikawal oleh al-Ustadz Muhammad Muhyiddin Ma’shum, M.H. Selaku Pemateri.

Acara yang dimulai semenjak 31 Mei ini diakhiri dengan ujian lisan sebagai bentuk sarana pengukur kemampuan para calon Muqri’atul Qur’an terhadap qira’ah qur’annya. Adapun materi yang diujikan berupa talaqqiy wal musyafahah dari bacaan-bacaan Ta’awwudz, Basmalah, al-Fatihah, serta 4 lembar ayat-ayat pilihan yang disediakan untuk para mumtahanat berupa ayat-ayat yang diantaranya terdapat hukum-hukum bacaan ghariib dalam al-Qur’an, artinya bacaan yang mana tidak banyak diketahui orang tentang bagaimana cara membacanya dengan tepat dan benar.

Materi dari bacaan-bacaan diatas diuji dengan cara bacaan tahqiq, kemudian tartil, tadwir, dan hadzar. Ustadz Muhyiddin menyampaikan rasa harunya usai melaksanakan ujian Penutup. “Hati saya menangis, sejak dari hari pertama kali saya mendengar bacaan kalian yang mana sangat butuh dibenahi. Dan sekarang, dalam hati saya lebih menangis lagi setelah saya tahu ternyata 99 persen bacaan dan tulisan kalian beserta qaidahnya lulus dan berhaq mendapatkan syahadah sebagai muqri’atul Qur’an yang lahir dari Gontor Putri Kampus Lima.” Demikian beliau menyampaikan.

Hal ini merupakan sebuah kesyukuran yang patut dihargai, sebab Trimurti memiliki cita-cita menanamkan benih-benih Qur’aniy pada santri-santrinya kemudian di sebarkan hingga tumbuh dan berbuah.

Dalam kesempatan ini, Hasna Putri selaku perwakilan Siswa Akhir Kulliyatul Mu’allimat al-Islamiyyah menyampaikan sambutan mewakili angkatan Siswa Akhir Tahun ini. “Kami haturkan ribuan maaf ustadz, Apabila terdapat tingkah kami yang tidak mengenakkan hati antum dalam membimbing kami selama 12 hari ini, do’a dan ridho dari antum yang kami harapkan agar kami mampu mengemban amanah ilmu al-Qur’an ini agar menjadi jariyah hasanah yang bermanfaat dunia dan akhirat”. Papar Hasna Putri. (Manzilatul Fadhilah, S.Ag. / Editor: Abdullah Muslich Rizal Maulana, MA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *