Peran FKUB Malang dalam Menjaga Kerukunan

Peran FKUB Malang dalam Menjaga Kerukunan

Oleh : Miftakhul Huda/SAA Semester 2

FKUB merupakan singkatan dari Forum Kerukunan Umat Beragama yang mana merupakan suatu komunitas yang didirikan masyarakat dan diberikan fasilitas oleh pemerintah setempat dengan tujuan mengatasi berbagai masalah antar umat beragama. Mereka mengemban misi untuk menciptakan dunia yang harmonis yang menjadi harapan oleh suatu negara yang memiliki banyak penduduk dari berbagai agama-agama.

Mahasiswa Program Studi Agama-agama diskusi bersama Para Pengurus FKUB Malang

Tepat tanggal 5 Februari 2019 Fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor memiliki sebuah acara yaitu studi akademik yang dilaksanakan oleh Prodi Studi Agama-Agama. Prodi Studi Agama-Agama itu sendiri memiliki berbagai macam pelajaran tentang berbagai macam-macam agama yang ada di Indonesia. Studi akademik ini sendiri memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk terjun langsung ke lapangan guna mengetahui asal-usul suatu masalah yang belakangan terjadi khususnya antar umat beragama.

FKUB yang diketuai oleh H.A. Taufiq Kusuma memiliki jumlah 17 orang anggota yang selalu mengadakan perkumpulan pada hari Jum’at kecuali jika ada hari besar umat beragama. Forum ini khususnya membahas tentang masalah kontemporer yang sering terjadi terlebih lagi di kota Malang. Mereka juga memiliki tugas dengan menerima masukan dari para pemuka agama dan memberikan rekomendasi kepada Kemenag bagi mereka yang ingin mendirikan rumah ibadah.

Beliau memberikan pengajaran berupa tata cara dialog antar agama. Dialog dalam rangka ini dilakukan tanpa adanya rasa kebencian antara 2 arah. Toleransi sangat diperlukan dalam melakukan dialog antar agama itu sendiri, karena dengan dialog itulah kita bisa mempelajari agama lain menurut pandangan mereka sekaligus menambah keimanan kita juga.

Penyerahan Kenang-kenangan dari UNIDA Gontor untuk FKUB Malang

“FKUB memiliki lima tugas pokok yaitu: Pertama, dialog dengan tokoh agama masing masing agama dan tokoh masyakarat. Kedua, menampung aspirasi dari semua umat beragama. Ketiga, memberikan rekomendasi tertulis kepada pemerintah setempat. Keempat, sosialisasi peraturan bersama menteri(PBM). Kelima, memberikan rekomendasi berizin atas pendirian rumah ibadah” jelas pak Taufiq dalam kunjungan tersebut.

 

2 Replies to “Peran FKUB Malang dalam Menjaga Kerukunan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *