Tahsinul Qiro’ah Pondok Modern Gontor Putri 5 Kandangan

tahsinul-qiro'ah-gontor-putri-5-kandangan-saa-unida-gontor

Kandangan- Ahad, 8 Syawwal 1441/31 Mei 2020, Staff Kulliyyatul Mu’allimat al-Islamiyyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus Lima Kandangan menggelar Seminar Tahsinul Qiro’ah dalam rangka mengisi waktu libur Siswi Akhir KMI (Kelas 6). Seminar diisi oleh seorang guru alumni Gontor, Ustadz M. Muhyiddin Ma’shum yang telah memperdalam ilmu-ilmu al-Qur’an secara bersanad dari beberapa Masayikh. Acara ini dihadiri oleh segenap Santriwati kelas 6 dan para Ustadzah pembimbing dan akan berlanjut hingga tanggal 20 Syawwal nanti.

Ust Muhyiddin menyampaikan di awal, bahwa penting bagi kita untuk senantiasa mengingat akhirat agar kecintaan kita terhadap al-Qur’an semakin mendalam.

” Waktumu kau pergunakan untuk Tahsin Qiro’ah akan jauh lebih bermanfaat dan akan menjadi bekalmu menghadap Sang Khaliq nanti. Jika ditanya malaikat bagaimana bacaanmu? Kamu mau minta tolong pada siapa? Kalau bukan bacaan Qur’anmu sendiri yang akan menolongmu? ” Demikian pesan beliau.

Terkait Tahsinul Qiro’ah, Lihat Juga Ujian Tahfidz al-Qur’an di UNIDA Gontor

Dalam kegiatan Tahsinul Qiro’ah ini, Beliau juga menambahkan, manusia hanya memiliki dua pilihan, masuk ke Jannah tanpa hisab. Atau mau mencoba ke neraka dulu baru ke jannahNya? Kaum Hawa yang akan mengandung dan melahirkan terutaa harus menyadari bahwa dari rahimnya haruslah terlahir generasi Qur’aniy. Maka tidak akan ada penyesalan jika kita merasa sulit saat ini dalam melatih lisan guna memperbaiki qiro’ah mu, karena itu juga bekal bagi perempuan untuk mendidik anak-anaknya.

“Kaum Hawa adalah sekolah paling utama bagi anak-anaknya. Jangan tunggu Jodohmu menjemput jika al-Qur’an mu saja belum kaaffah. Kaaffahkan dulu al-Qur’an mu, wahai para Calon ibu. Karena jika sudah kaaffah, sang Adampun akan meminangmu saat Dia berkehendak”. (Manzilatul Fadhilah, S.Ag. / Editor: Abdullah Muslich Rizal Maulana, MA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *